Jumat, 13 Desember 2013

Year End Trip: Bandung [Part 2]

Senin, 9 Desember 2013
Bangun pagi hawanya mager banget, adem, dingin alami, enak buat bobok2 cantik. Tapi ya menurut lo aja sih, masak iya udah jauh2 nyampe Bandung, udah pegel tuh pinggang duduk semaleman di kereta, cuma dipake bobok di hostel.?? Si Ula lagi, mager parah dia, mau jalan tapi ga mau mandi. Gosh.!! *palm face*. So, aku mandi duluan, selesai aku mandi akhirnya mandi juga si Ula.

Dikamar sebelahku ada 2 bule cowok, dari aksen n gaya bicaranya kayaknya mereka bukan urang US atau UK atau at least terbiasa speak in English, soalnya kedengeran kaku cara ngomongnya. Nah, sambil nungguin Ula mandi aku gak sengaja denger *bilang aja sengaja nguping* mereka lagi ngobrol "Bandung has nice weather, not like in Bali. In Bali is summer everyday", dalam hati aku nyaut, yaaahhh Le, Endonesa ku tercinta ini kan triclimmate, di daerah rada tinggi kayak Bandung, Bogor, Cirebon pasti hawanya sejuk dingin dan curah hujan tinggi. Beda sama daerah pesisir kayak Bali, Lombok disana mah panaaassss.
Trus aku juga denger salah satu ada yang bilang "I read from internet that Trans Studio seems like Universal Studio Singapore", ini bikin aku makin ngakak, haduh Le, jangan berekspektasi ketinggian, ntar kecewa lhoohh :p

Jam 11an kita keluar dari hostel. Rencananya mau ke landmark2 gityu, kayak Gedung Sate, DAGO, ya pokoknya yang jadi landmarknya Bandung lah, trus belanja ke FO, trus beli oleh2 ke Kartika Sari. Tapi, nyatanya kita malah naik angkot ke BIP dulu. Hahaha. Survey emol gitu ceritanya, ngebandingin sama Amplaznya Jogja, taunya ada ZOYA disini, asiiikkkk. *gile lu lip, katanya  backpacker, pecinta alam, tapi ujung2nya teteeeuuuppp aja ke emol. Dasar, backpacker gagal*. Sekitar 1 jam di BIP, nyari makan, pas selesai makan, baru jalan lima langkah,, breeeesssssss,, HUJAN.!! *lima langkah.?? lu kira ini judul lagu.?? bukan.!!*. Langsung ngacir cari tempat berteduh, masuklah kami ke sebuah FO *yang namanya gw samarkan, karena gw ga tau namanya, yang penting masuk ajah, bisa neduh*. Feelingku ga pas nih, tadi pagi kan cerah tuh, jadinya aku ga bawa jaket, dan payung bening nan cantik punya si Ula yang dari kemaren nangkring di ranselku juga gak dibawa. Melongo doank meratapi hujan. Parahnya, ni FO ga jualan payung, udah naik turun ampe lantai 3 juga gak nemu barang sebiji payungpun yang dijual. Mau balik ke BIP buat beli payung, tinggal nyebrang doank nih, haduuuuhhhhh, itu hujan gak nyantai banget. Misalkan aku bawa jaket, masih berani lah itu menerobos hujan. Lama bener dah kita tertahan di FO itu.

Source: bandunglover.wordpress.com

Aku udah ga ngerti jam berapa ini (sempet ngelirik jam, sekitar setengah 4 deh kayaknya). Bete. Rencana mau photo2 ke landmark 99% gagal total, mau photo2 ke dago atas, hujan juga, sayang kamera. Pas hujan udah mulai reda, akhirnya berdua nyebrang jalan balik lagi ke BIP buat beli payung doank. Sekali lagi dipertegas ya,, NYEBERANG JALAN, BALIK LAGI KE BIP, MASUK HYPERMART, CUMA BUAT BELI PAYUNG DOANK.!! Kenapa dibela2in beli payung.?? Soalnya ni backpacker gagal harus jalan sampai simpang buat naik angkot ke arah Kartika Sari di Dago Atas.

Finally, jalan berdua empet2an pake payung seiprit. Jalan sambil nanya2 angkot mana yang bisa sekali ngangkut sampai di Kartika Sari. Sebenernya kata orang2 ada 2 Kartika Sari, pertama di Dago Atas itu, kedua yang di pusat. Jaraknya kira2 sama sih dari BIP, tapi mamang cimolnya bilang lebih deket yang di Dago Atas. Kalau ke Kartika Sari pusat, kita tinggal naik angkot ke yang lewat2 ini, tapi kalo ke Kartika Sari Dago, harus jalan dulu ke perempatan sono, yang pasti hujan2an. Si Ula ngajakin ke Kartika Sari Pusat, tapi itu berarti kita harus meraba2 angkot lagi buat balik ke hostel. Kalau ke Kartika Sari Dago, angkot balik gampang, lebih gampang dinalar. Dan, akhirnya Kartika Sari Dago lah pilihannya. Dari perempatan itu tinggal naik angkot sekali doank, lima menit pulak, angkot hijau-orange, sampai deh di Kartika Sari. Nah, pas naik angkot itu, lewat di jalan Affandi yang ada tulisan DAGO nya, langsung envy deh, pengen berenti trus photo2 disitu. Tapi, hujan, yasudah, memandang nanar tulisan itu.

Source: bandungtoday.com



Source: evisoraya.com
Sampai di situ langsung pilih2. Aku beli 20 boolen pisang-coklat-keju + 10 boolen pisang-keju. Si Ula beli 20 boolen pisang-coklat-keju + 1 pack cheese stick. Udah bayar2, pas keluar ternyata masih gerimis. Tapi ini udah jam berapa, harus buruan balik ke hostel, secara belom packing, belom checkout juga. Diseberang jalan berdirilah dua cewe unyu berbagi payung menunggu angkot hijau-orange untuk balik lagi ke simpang RE Martadinata-Ir. Juanda. Gak lama, angkot pun datang. Sampai di persimpangan, kami turun dan ganti angkot kijang biru-kuning jurusan Margahayu-Ledeng, dan turunlah di depan jalan Halmahera. Dari situ kaki melangkah gontai menuju penginapan.

Source: media-cdn.tripadvisor.com

Jam 5 sampai di penginapan, langsung packing-packing, beberes dan checkout. Itu penjaga hostel baik bet dah, gak kena charge kami. Padahal jam checkout maksimal jam 12 siang, tapi kami checkout molor 6 jam lebih *enak kali yak kalo semua hotel dan penginapan kayak gini *jitak*. Habis checkout langsung jalan lagi ke jalan Martadinata, berdiri cantiklah kami menunggu angkot kijang biru-kuning Margahayu yang ke arah Jl. A. Yani. Sekitar 30 menit diangkot, sampailah kami di jalan Kiaracondong. Turun dari situ masih harus nyambung angkot elang merah-putih-hijau sampai di depan stasiun. Waktu sampai distasiun sekitar jam 7an kurang, tapi belom bisa checkin, karena masih ada kereta yang belom berangkat. Akhirnya aku nyari mushola yang diluar, sholat maghrib, isya. Pas selesai sholat kereta sudah datang, kami checkin dan langsung naik ke kereta.

Tepat jam 20.30 kereta Kahuripan tujuan Kediri berangkat dari Bandung. Dengan ini, berakhirlah petualangan di Bandung. Eh belom sih, soalnya begitu sampai di stasiun Lempuyangan jam 6 kurang, dari situ kami langsung jalan menuju shelter busway JTT terdekat, tau dimana.?? SMP 5.!! Beuuhhh,, olahraga pagi nih. Sampai shelter naik bus 2A, turun di Terminal Concat trus ganti bus 3B. Ula turun di shelter Amikom, sedangkan aku lanjut sampai shelter Bandara. Dari Bandara masih jalan lagi sampai rumah. Kurang bolang apa cobaaaaaa.??

Source: flickr.com

Nah, ini kan udah berhasil ngebolang lagi keduakalinya ke Bandung, trus jadi kepikiran buat solo backpacker ke Bandung, ntah kapan, tapi kepinginnya sih tahun 2014 nanti pas udah kelar musim hujan. Mau explore tuh kota. Mau jalan sesuka hati. Mau ke daerah Ciater, Lembang, Tangkuban Perahu, sama landmark2 yang gagal aku samperin kemaren.

Buat yang mau tau cerita pas hari pertama di Ciwidey bisa liat disini. Untuk  itinerary & detail biaya perjalanan kemaren, bisa nyimak disini. See you in the next trip, backpacker.!! :)

1 komentar: