Selasa, 14 Januari 2014

Offroad Jeep di Lereng Merapi + Pantai Goa Cemara [Part I]

Adventuuuuurrreeeeeee.!! Pas pertama dikabarin si Bowo kalo dia mau ke Jogja aku aja udah excited banget, apalagi ternyata dia ngajakin offroad, and you know what, dia ngajakin naik jeep.!! Aaaaaaaakkkkkk,, mau banget. Hari sudah ditentukan, pagi2 buta jendela kamarku digedor2 sesosok suara yang aku hafal banget. Ula sama Bowo udah nyamperin bok, tapi aku belom mandi. Hahaha. Yaudin, biarin mereka nungguin aku mandi, tacap, dan bla bla bla :D Dari rumahku jalan ke kos buat jemput Lita n Alwi.

Cingu - Me, Lita, Alwi, Bowo, Ula
Selasa, 14 Januari 2014
Jam 7 sesi jemput menjemput udah kelar semua, langsung berangkat dari Pondok Tiara 3, sekitar jam setengah 8 sampai di Sop Ayam Pak Min (Ragil) di Jakal KM 15,5 buat sarapan. Tempat yang sama kayak aku mau offroad pertama kali. Sambil nunggu pesanan kami telpon si Desi, mau bikin dia envy se envy envy nya, hehe, maap Des, kangen nih. Pas abis telponan sama si Desi, gak lama mas nDomo telpon, katanya udah nungguin di basecamp *ebuset, rajin amat mas? pan kite janjian jam 8 ato jam 9an. Habis makan kami langsung lanjut perjalanan, dari warung Pak Min masih terus ke utara sampai Jakal KM 22,2 ada plang "Merapi Golf" atau "Petung", berbeloklah kita ke kanan, sampai nyebrang jembatan besar. Pas nanti ketemu perempatan, kita ambil yang ke arah kiri, teruuuuusssss ke utara sampai di gerbang masuk Volcano Tour di desa Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Naik sedikit lagi, sampailah di basecamp Grinata Adventure, tempat untuk penyewaan Jeep Wisata Merapi.

Jam 8 lebih sedikit kami sampai basecamp (aku langsung mupeng karena liat macem2 jeep berjajar dengan gantengnya) dan langsung nyariin si mas itu, etapi kok gak bisa di telpon. Sambil beberes sama milihin barang apa aja yang mau dibawa pas offroad ternyata masnya nelpon balik. "Halo, masnya disebelah mana?" | "Mbaknya dimana?" | *ditanya kok balik nanya sih mas, "Udah di basecamp mas" | "Parkir sebelah mana?" | "Dihalaman basecamp" | "Basecamp bawah ya mbak?" | "Iya" | "Owalah, yaudah, tunggu mbak, aku kesitu" *tutup telpon. Masnya sih gak bilang dari kemaren kalau aku disuruh langsung ke basecamp atas, ya aku parkir dibawah aja, hehe. Gak lama trus masnya datang sama temennya, trus dikenalin sama mas *aku lupa namanya, dan ternyata jadilah itu mobil dan driver kami berpetualang hari ini. Jeep nomor 01 *padahal yang aku liat 15 lhoh.

Basecamp Grinata Adventure
Here we go - Masih di basecamp
Penumpang naik satu persatu lewat pintu depan kata masnya. Oke. Sekitar jam 9 kurang petualangan dimulai. Here we go, Bismillah..
Bruuuuummmmmmm, suara mesinnya bikin, aaaaaakkkkkkk, pengen nyetir sendiri.!! Hahahaha. *gile lu lip.!! Etapi beneran deh, aku tuh kepingin gitu nyoba, tapi gak berani juga sih. Oke, ini oot banget.

Dari basecamp kami langsung masuk ke jalan kecil yang dikiri-kanannya cuma ada rumput gajah (yang aku kira pohon tebu *etdah Lip), ilalang dan tanaman liar lain. Tujuan pertama ke "Museum Sisa Hartaku" lewat kali/sungai Opak. Di tempat ini ada satu rumah korban erupsi Merapi tahun 2010. Sebagian besar bangunan sama perabotan di dalamnya udah hancur berantakan, tapi ditata ulang untuk bisa dinikmati pengunjung. Pas nyampai sana masih belum terlalu rame. Yes, bisa photo2 dengan bebas nih. Note: mulai dari spot ini sampai finish lagi di basecamp kita smua yang berdiri dibelakang gak lagi naik turun lewat depan, tapi langsung loncat, wkwkwk.

Museum Sisa Hartaku
Museum Sisa Hartaku
Isi museum
Dari museum ini kami lanjut perjalanan ke atas menuju bangunan buatan tertinggi di lereng merapi, sekitar 1100an mdpl (klo gak salah kata masnya), yaitu Bunker. Menuju ke bunker ini kami lewat kebon2 yang dulunya ternyata kampung warga. Sebagian masih berdiri beberapa temboknya, tapi kebanyakan udah roboh. Sebelum sampai di bunker kami berenti di suatu spot yang bagus banget viewnya, walaupun ya agak mendung dan puncak gak keliatan, tapi oke lah.

Random Spot
Random Spot
Habis dari spot ini, kami lanjut perjalanan menuju bunker. Jalan selanjutnya ini ladang tanaman gitu, tapi ternyata, dulunya adalah kampung penduduk juga cuma setelah erupsi 2010 sekarang jadi rata dengan tanah dan jadi ladang. Gak lama tru sampai di bunker. Cuma ada beberapa jeep aja yang parkir disitu, belum terlalu rame. Wuahahaha, seneng bet dah. Sempet foto2 diatas tanah lokasi bunker. Kata mas2 drivernya, bunker ini salah satu spot bagus buat liat sunrise. Udah puas foto2 diatas, kami diajak masuk ke dalam bunkernya. Waktu erupsi Merapi tahun 2006, ada 2 korban yang meninggal di dalam bunker ini, salah satunya dalam posisi berendam di dalam bak mandi karena saking gak tahan menahan hawa panas di dalam bunker. Info dari mas drivernya juga, bunker ini di desain untuk berlindung dari awan panas, tapi pas 2006 itu lebih dari kapasitas aman bunker.


Depan pintu masuk bunker
Di sekitaran bunker ada beberapa penjual souvenir, salah satunya ada penjual edelweiss. Antara kasian liat edelweiss yang dipetik trus diiket2, tapi kasian juga sama ibu penjualnya karena itu mata pencaharian dia. Yaaa, tapi mungkin ada alasan kenapa mereka berani menjual edelweiss, mungkin mereka ternakin edelweissnya, jadi ya woles aja gitu.

Oke. Lanjut perjalanan lagi menuju Batu Alien. Spot ini ada batu gedeeeeee banget mirip bentuk kepala manusia *tapi kemaren pas ku lihat gak mirip sih, mungkin udah rusak kena erupsi 2010 kemaren, who knows? Buat bisa sampai di Batu Alien kita lewat penambangan pasir kali/sungai Gendol, sentra penambangan terbesar. Mulai dari pasir, kerikil, kerakal, batu sampai buatuuuuuu *saking gedenya, ada di kali Gendol ini. Dari atas Batu Alien ini kita bisa liat aktifitas penambangan yang ada nun jauh dibawah sana, semuanya keliatan kecil. Kalo kata Ula, kayak Lego Land.

Batu Alien - Tapi batu aliennya bukan yang ini
Looks Like Lego Land - Kata Ula
Habis dari Batu Alien lanjut lagi ke makam Mbah Maridjan. Kembali lagi lewat area penambangan pasir, pas di jalan papasan sama seorang bapak2, si bapak itu ngasi tau kalo temennya mas driverku ini salah jalur. Baru jalan beberapa ratus meter masnya mau belok ke kanan, langsung diteriakin sama para penambang "Mrono mas, ngiwo.!!", ealah, ternyata jalurnya udah berubah lagi. Jadi jalur di area penambangan ini dinamis banget. Dalam waktu 2 hari bisa berubah banyak, soalnya untuk pemerataan area yang ditambang katanya. Wow, guide aja bisa salah jalan, gimana yang nyetir sendiri?

Oh iya, di bebatuan yang belum ditambang, tumbuh banyak pohon edelweiss2 kecil, karena sejak erupsi 2010 tanah itu belum disentuh sama sekali, dan di area penambangan ini hawa dinginnya lumayan adem buat edelweiss tumbuh, jadi ya mereka tumbuh. Trus kami berenti disalah satu random spot, batu berasap. Masih di area penambangan ini juga, jadi batuan sisa erupsi itu masih nyimpan panas bumi. Aku nyoba jongkok diatas batuan itu, rasanya kayak disauna. Anget pantatnya, hehe. Udah puas foto2, lanjut lagi perjalanan.

Penambangan Pasir Kali Gendol

Sampailah di makam Mbah Maridjan. Mereka berempat diantar guide sampai ke lokasi makam, aku nunggu diluar aja. Gak lama mereka semua balik dan kami foto2 lagi di halaman parkir area makam. Ini spot terakhir, habis ini kami langsung balik ke basecamp.

Pelataran Parkir Makam Mbah Maridjan
Di jalanan kami ketemu serombongan cewek2 menye2 yang teriak2 gak karuan, aku cuma mikir, itu embak2 naik jeep apa naik kora2 apa masuk rumah hantu sih, berisik amat.!! Yaa,, kepontang-panting sih, namanya juga offroad. Ya kepacu juga adrenalinnya. Ya ekstrim juga si mas driver bawa mobilnya, tapi ya gak usah teriak2 juga kaleeeee. Tau gak, sepanjang jalan, kami tu gak teriak2 gitu, tapi ketawa2 gak jelas. Apalagi si Lita, gak ada apa2 ngakak terus dia sepanjang jalan *awas makin gendut, kebanyakan makan angin, hahaha.

Lucunya, pas jalan balik ke basecamp kami lewat dikebon yang becek2 gitu, pas lagi asik2nya tau2 si Lita ngakak kenceng banget. Pas ditanya kenapa, ternyata tangannya ketemplokan lumpur, trus jadi pada tengok baju n badan masing2, ternyata ketemplokan juga, langsung pada ngakak semua.

Aku langsung kebayang gimana kalo Desi sama Nopan ikut. Pas jalan lagi shaky2 gitu, Desi kan suka merepet, ato paling nggak ya copetnya pada keluar semua. Parahnya aku bayangin bisa2 si Desi dilempar keluar jeep kali yak sama si Nopan. Soalnya kan Nopan suka kejam gitu kalo sama Desi. Huwahahahaha. Piissss cinguuuuu :*

Me, Basecamp Grinata Adventure
Sampai di basecamp, langsung semua urusan dikelarin, beberes, dan siap buat balik. Rupanya si Bowo ngerasa terpanggil jiwanya, dia mau ngajakin offroad pake trail kapan2. Oke Bow, gue ladenin, gue temenin, tapi short trip aja yak, ampun deh kalo harus medium, apalagi long trip. Ini aja aku dapet kenangan2 lagi di kaki kiri, sama kayak pas offroad trail dulu, cuma beda lokasi aja -_- Tapi aku gak kapok sih, nagih malahan. Mau lagi nanti kapan2 :D Baru nyadar,berasa keluar banget soulnya pas kegiatan kayak begini, hehe.

Sekitar jam 12an kami meluncur dari Kaliadem menuju Warung Mas Jan, warung makan langganan pas jaman kuliah. Prinsipnya sederhana, "Sejauh-jauhnya kita main dan berpetualang, makan tetep di Mas Jan *Terms & Condition applied", hahahaha.

Tarif sewa jeep + driver untuk medium trip sebesar IDR 350,000. Udah termasuk asuransi dan jaminan keamanan keselamatan penumpang. Detailnya bisa liat diwebnya disini. Atau mau booking langsung lewat mas nDomo di nomer 081392529303. Worth to try buat yang suka petualangan dan tantangan. Tapi sebenernya lebih dari itu, kita (aku sih) bisa merasa kalau manusia begitu kecil diantara alam semesta, apalagi di hadapan Allah. Dan dengan kenyamanan hidup yang udah aku terima sampai saat ini membuat aku bener2 bersyukur.

Dengan begini, 2 dari 3 wishlist petualanganku di Merapi sudah terpenuhi.
- Offroad trail (Long Trip)
- Offroad jeep (Medium Trip)
- *******
Masih tersisa 1 lagi, udah bisa ditebak kan?! Semoga tahun ini juga bisa terlaksana. Amiiinn :)

Nah, petualangan gak berenti disini, dasarnya bolang semua nih, abis dari Mas Jan kami mampir sholat dulu di masjid deket situ, habis itu langsung capcus ke pantai Goa Cemara *ebuset, dari ujung utara Jogja ke ujung selatan, melewati 3 kabupaten *gak usah lebay Lip, gak usah berisik. Mereka belum pernah kesana, jadi pas disebutin, okelah, jalan. Tapi ceritanya nyambung besok, ngantuk, pegel2 juga nih badanku. See ya.!!

PS. Lanjutan cerita petulangan hari ini ada disini.

3 komentar: