Minggu, 05 Januari 2014

Year End Trip: Koper & Ransel Mudik ke Jambi [Part III-end]

Kemaren aku udah posting yang cerita macet2an 12 jam di Palembang, sekarang aku mau sharing kenapa aku bersyukur banget bisa kena macet dan kenal sama mereka, kenapa Ibu bersyukur aku balik ke Jogja mundur sehari, dan kenapa aku bersyukur bisa satu flight dengan Pak Adam.

Ada Perjalanan Hidup Yang Gak Sesuai dengan Impian
Aku bersyukur banget bisa banyak berbagi cerita dengan crew dan penumpang bus Putra Remaja kemaren. Dari mereka aku banyak belajar, dari mereka aku semakin jauh berfikir dan mensyukuri apa yang sudah aku dapatkan sekarang. Ceritanya berawal dari aku yang udah mulai bosan pindah duduk di depan di samping sopir. Awalnya emang gak banyak ngobrol, sampai akhirnya ada seorang bapak2 mungkin umurnya sekitar 40an tahun, bapak itu pindah duduk di bangku kernet samping pintu. Bapak itu pake seragam TNI AD, dia bilang sama kernet yang duduk di bangku penumpang paling depan minta diturunin di suatu tempat *aku lupa nama daerah yang disebutnya, tapi yang pasti daerah itu dilewatin bus ini*. Pak TNI itu tiba2 nanya aku "Dek, turun dimana?", "Di Jambi, pak. Bapak mau dinas ya?", jawabku. "Iya dek, saya asli Ungaran, Semarang sana, kemaren habis selesai study sekalian liburan sebentar di Jawa, ini mau balik ke mess. Naik dari mana kemaren?", "Oww. Saya dari Jogja, Pak", jawabku. "Di Jogja tinggal dimana dek?", tanyanya lagi. "Di Berbah Pak, belakang airport", bapak itu nanya lagi "Dekat pangkalan AU berarti ya? Ayahnya tentara?", "Nggak pak, kebetulan tinggal daerah situ aja", jawabku. Mas2 sopir itu trus nyambung "Enak ya Pak bisa jadi tentara", trus jadi deh obrolan panjang antara bapak tentara dan mas sopir itu sambil sesekali aku nimbrung.


Source: www.antaranews.com
Dari obrolan itu mereka saling curcol, hehe. Pak tentara cerita suka dukanya jadi tentara yang ditempatkan jauh dari keluarga. Si mas sopir cerita cita2nya yang kepingin jadi tentara dan harus nerima kenyataan "cuma" jadi sopir bus. Ternyata mas sopir itu sampai sekarang masih nyimpan cita2nya untuk jadi tentara. Waktu pak tentara minta diberentikan busnya karena dia mau turun, si mas sopir sempet minjam baret pak tentara. Dicobanya baret itu sambil ngaca dispion dalam bus, sementara pak tentara tadi sibuk nurunin barang dan bagasinya. Trus bapak tentara tadi mau ngambil ransel yang masih ditinggal dibangku bus. Si mas sopir masih asik sama baret tadi sambil bilang "Masih pantes gak pak?", "Pantes, masih muda, masih gagah" jawabnya. Gak lama langsung dikembalikannya baret pak tentara itu. Beliau turun, dan bus melanjutkan perjalanan.
Ada 1 omongan yang kuingat banget sebelum bus berenti dan pak tentara itu turun, "Ya namanya perjalanan hidup, dek. Kadang yang kita ingin gak bisa kesampean, tapi yang sekarang ada itu yang terbaik dari Tuhan", *hening*, dalem banget sih pak. :')

Obrolanku sama mas sopir dan kernetnya berlanjut, dari situ aku tau, si mas sopir ini udah 13 tahun hidup dari bus, 3 tahun jadi kernet trus 10 tahun lalu sampai sekarang jadi sopir bus. Dia udah sejak lulus STM langsung kerja di bus ini. "Buat mbantu orang tua sama sekolah adek sih mbak", ceritanya.

Dari sini aku dapat pelajaran (lagi) bahwa masih banyak orang diluar sana yang gak seberuntung kita, yang belum tentu bisa melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi, yang belum tentu dapat pekerjaan sesuai cita2 kecilnya, yang karena suatu keadaan dan memang sudah qodar Allah dia harus menjalani apa-yang-ada bukan apa-yang-kuinginkan. Memang benar, untuk masalah urusan keduniaan ada kalanya kita harus melihat "kebawah", lebih sering membuka mata, membuka telinga dan perluas hati. Rasakan seandainya-aku-berada-disitu. :)


Gak Ada Orang Tua Yang Gak Berkorban Buat Anaknya
Selepas dari Palembang, cuma tersisa 5 penumpang dan 3 crew di dalam bus itu. 3 penumpang yang lain itu ternyata sebuah keluarga, bapak *awalnya ku kira kakek2, abisnya udah tua banget*, ibu dan anaknya (sekitar 6-7 tahun dibawahku umurnya). Dari obrolan2 dalam rangka membunuh waktu dan kebosanan waktu macet2an di Betung, aku tau kalau mereka baru aja menghadiri wisuda putra pertamanya. Anak mereka tu kuliah di UIN Jogja, hari Sabtu 14 Des '13 itulah putra mereka wisuda.


Bisa dibayangin perjalanan yang harus mereka tempuh dari Tembilahan, Riau sampai ke Jogja dan sebaliknya. Via darat, lhoh. Misalnya aja nih dari Jogja mau ke Tembilahan, bener kalau mereka lebih milih perjalanan lewat Jambi, soalnya emang lebih dekat. Nih ya, dari Jambi kota, dari pool bus, mereka mesti jalan lagi sampai ke Tungkal, ke pelabuhan Kuala Tungkal, trus mesti nyebrang naik kapal feri lagi sampai ke pelabuhan Tembilahan, dari pelabuhan sampai ke rumah mereka, gak tau lagi mesti berapa jam tempuh. Jangan disamakan perjalanan di Jawa sama di Sumatra, beda banget. Mulai dari kondisi jalan aja udah beda banget, lalu lintasnya juga beda yang namanya jalan lintas tu gak kenal lampu merah. Kalaupun sama 1 jam perjalanan, jarak tempuhnya bisa beda jauh.

"Naik bus aja mbak yang paling murah, yang penting bisa sampe Jogja. Bisa liat abang wisuda aja bapak udah senang". Rasanya merinding *ini beneran, gak alay, gak lebay*, soalnya aku langsung keinget Papa. Kebayang gimana sedikit lebih beruntungnya keadaan keluarga kami sekarang, Papa kemaren bisa datang ke wisudaku gak perlu berhari-hari dibus, gak perlu berjam-jam ngapung di Selat Sunda, tapi cukup 2 jam diudara plus beberapa jam nunggu transit.

Wisudaku, Juli 2012

Aku semakin bisa berfikir, bahwa: Orang tua gak akan berpikir berkali-kali lipat demi kebahagiaan anaknya. Demi memastikan anaknya mendapat pendidikan terbaik, demi melihat anaknya memakai toga, dan demi melihat anaknya sukses dikemudian hari. Apapun akan mereka usahakan agar anaknya menjadi seperti yang mereka inginkan, atau setidaknya, mereka bisa bangga saat bercerita dengan kawannya.


Tetiba langsung keinget gimana bandelnya aku yang kadang2 bolos kuliah. Keinget juga gimana aku memilih resign dari Angkasa Pura walaupun sebenernya Papa kurang setuju. Tapi aku juga bakalan konsekuen kok, walaupun resign, aku gak akan diam aja, aku bakalan berusaha lagi, dan lagi. Doakan aku ya Mah, Pah. :')


Ikuti Saja Kata Orang Tua, Banyak Manfaatnya
Sekitar seminggu aku di Bungo, rencana aku mau flight balik ke Jogja tanggal 30 Desember. Pikirku biar gak terlalu mepet, takutnya tgl 31 tiketnya mahal. Minggu pagi sempet browsing, tiket lumayan murah harganya, cuma sekitar 800rb DJB-JOG connect CKG. Akhirnya siang jam 11an aku keluar sama Papa buat beli tiket ke Mitra Mandiri, agen langganan Oom Kas. Pas nyampai sana ternyata agen tutup, mana pulangnya keujanan pulak. Pas sampe ruko nanya sama t'Wid, katanya "Coba liat ke As-Salam sana", nah, pas sampai di As-Salam ternyata tutup juga. Trus Papa bilang, "Trus piye ki? Terbang Selasa bae ndak? Mahal juga gak apa2 wis", aku coba nego buat beli tiket online, tapi Papa ga setuju. Heemm, yasudahlah, manut wae.

Source: www.orangeparents.org
Sekitar jam setengah 6 sore habis tutup bengkel, ruko gempar, Oom Budi nabrak orang di lintas, mau gak mau Papa langsung meluncur ke sana sama mas Kus sama Ari, karyawan bengkel. Motornya remuk, Oom Budi babak belur, untungnya cuma lecet2, gak parah banget, begitu juga yang ditabrak, cuma lecet2 aja. Sekitar jam 6 Papa nganter Oom Budi balik ke rumahnya di Rimbo. Habis Papa berangkat aku ngobrol2 sama tante Wiwit (biasa aku panggil Ibu), "Untung ya, kamu gak jadi turun ke Jambi siang tadi, sempet Papamu ke Jambi, makin mumetlah tante ngurusi si Budi sendirian". Deg.!! Langsung gimana gitu rasanya. Aku tau banget, si Ibu bakalan repot, panik, stres dan heboh sendiri kalau pas kejadian kayak tadi gak ada Papa.

Pagi bangun tidur Papa suruh aku cek harga tiket, ternyata cuma beda 100ribu dari harga tiket kemaren. Langsung habis mandi aku ke Mitra Mandiri sama Papa. Ternyata pas booking dapat tiket murah, berdua DJB-JOG connect CKG pakai Lion Air cuma 1,750ribu. Alhamdulillah. Dijalan pulang Papa ngomong "Tu kan, manut Papa tu malah enak". Iya Pah, iya, aku manut kok. :')

Intinya, nurut sama orang tua selama itu gak maksiat insyAllah (pasti) banyak manfaat dan barokahnya. Birrul Walidain namanya. Pelajarannya, pertama, Papa bisa nolong saudara, kedua, aku dapat tiket murah, artinya uang jajanku lebih banyak, hehe :)


Belajar Tidak Mengenal Usia, Bisnis Tidak Mengenal Jarak
Pesawat dari Jakarta gak delay, aku bersyukur banget, soalnya malam nanti aku jadi panitia Pembinaan Remaja di Malam Tahun Baru 2014. Berarti aku punya cukup waktu istirahat dirumah sebelum on show malamnya. Aku sama Ama dapat seat di 17A&B. Waktu aku masukin ranselku ke kabin, ada bapak2 yang nunggu disebelahku, aku minggir dan mempersilakan bapak itu lewat, ternyata beliaunya duduk di 17C, sebelahku.

Sebelum pesawat take off bapak tadi sudah memulai membuka pembicaraan. Ngobrol, ngobrol, ngobrol akhirnya aku tau kalau bapak ini tinggal di Le Petit, Perancis. Istrinya orang sana, beserta anak2nya juga tinggal disana. Ke Indonesia kali ini dalam rangka bisnis, sekalian nostalgia katanya.

Tiket Lion Air
Banyak banget pengalaman beliau, jadi terinspirasi sama semangatnya. Bapak ini penulis tetap disalah satu rubrik di Koran Sindo, sekarang baru mau menerbitkan sebuah buku, baru nyari penerbit yang cocok katanya. Beliau juga cerita gimana kehidupan di Paris, dibandingin sama di Indonesia, ngajarin juga gimana mencari peluang penghasil uang. Bener2 luar biasa semangatnya.

Beliau bilang, "Belajar tu gak ada batasnya dek, saya aja sekarang ikut kelas tari di Le Petit, biar dapat banyak teman baru, bisa jadi peluang bisnis juga". Beliau berkali-kali menegaskan, "Di Eropa tu pendidikan gratis dek, syaratnya satu, bersungguh-sungguh". Dari beliau ini juga aku tau kalau ternyata diluar sana banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan dari jauh, misalnya pengiriman gudeg, syal batik, atau apapun yang unik dari Indonesia. Caranya? Online shop.!! Itu yang sedang dirintis bapak ini sekarang.

Sempet ngobrol2 juga masalah hobi, ternyata beliau juga hobi motret. Sekarang lagi trend photo pake body digital tapi lensa analog, salah satu caranya pakai teleconverter, tapi sayangnya beliau lupa namanya. Tapi ada, beliau juga masih hunting converter itu.

Akhirnya aku tau juga nama bapak itu, namanya pak Adam Harnadi, beliau janji mau ngasi tau nama converternya lewat facebook, jadi kemaren langsung aku search dan add account beliau dan sudah di confirm pula sama beliaunya.


Terimakasih untuk semua yang sudah menambah warna dan pelajaran baru buat aku, end year trip yang berharga, yang bisa jadi bekal buat menyambut tahun baru yang semoga lebih baik. Ammiiinnn.

Prinsipku masih sama, "Be Nice Wherever You Are, And They Will Be Nice To You". :)

See you in the next trip.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar