Jumat, 03 Januari 2014

Year End Trip: Koper & Ransel Mudik ke Jambi [Part II]

Seminggu lamanya aku di Bungo, hari2 aku bantuin tante di warung, tapi kalau pagi sebelum warung buka atau sebelum tante datang aku jadi kasir di bengkel, bantuin Papa. Di Bungo aku nginep di ruko tempat bengkel sama warung dibuka setiap hari, soalnya Papa sama semua karyawan nginep disitu, jadi ya ngapain aku nginep di tempat tante di Rimbo. Tiap pagi bangun beberes kamar trus mandi, kalau malam habis tutup warung, makan trus nemenin Papa bikin laporan keuangan bengkel, biasanya bisa ngobrol sampai jam 12 ato jam 1 malem, baru naik keatas, tidur.

Awalnya aku rencana balik tanggal 28, soalnya mau liat pertandingan Futsal Himalara VI, tapi gak tega juga liat Papa, baru sebentar masa udah mau kutinggal lagi, lagipula Papa mesti nganter ke Jambi naik mobil, sekitar 5-6 jam perjalanan. Kasianlah. So, aku putuskan tanggal 30 Des balik, tapi ternyata gak dapat tiket, jadilah tanggal 31 Des baru balik.

Senin, 30 Desember 2013
Pagi2 abis mandi langsung ke Mitra Mandiri buat beli tiket, Alhamdulillahnya dapat tiket harga murah, padahal aku udah su'udzon bakal dapat tiket harga mahal, soalnya pikirku orang bakal tertarik buat tahun baruan di Jakarta ato di Jogja.

Tiket Lion Air
Rencana abis mam siang mau meluncur ke Jambi, tapi sekitar jam 12 siang bengkel makin rame, rameeee banget sampai tutup bengkel jam 4. Siap beberes, sudah mandi, sudah wangi, kami pamit sama tante, berangkat dari bengkel sekitar jam 5 sore, tapi mampir dulu beli cemilan, mungkin sekitar jam setengah 6 baru keluar dari Bungo.

Sepanjang jalan masih terus cerita2 sama Papa. Aku baru "ngeh" kalo si Kebo gak ada, ternyata dititipin Papa di bengkel lain. Kebo tuh mobilnya Papa, hardtop gitu, beberapa bulan yang lalu dia masuk ke bengkel buat di cat ulang, dan sekarang udah selesai. Tapi berhubung gak ada tempat yang layak buat dia di bengkel, makanya sama Papa dititipin di bengkel kawan Papa. Buat harian Papa juga udah ada Hilux sama Mio, jadi semakin jarang disentuh tu si Kebo. Sayang. Kayaknya mau aku adopsi aja deh si Kebo, bawa ke Jogja sini, boleh ya Pah, boleh ya, ya, ya? *kedip2 mata manja* :D

Ini si Kebo pas proses re-build

Sekitar jam 8 malam sampai di Sei Bengkal, ada rumah makan favorit nih, namanya RM. Cendana disekitar Pasar Sei Bengkal, masakan khas Minang gitu sih, tapi enak dan lumayan bersih. Harganya juga gak terlalu mahal kok kalau gak makan yang aneh2 *Emangnya mau makan meja kursi? | Ya gak gitu juga kalik*. Berhubung aku udah kelaperan, mampir deh makan di situ.

Jam setengah 9 kami lanjut perjalanan. Aku masih asik ngobrol sama Papa, sampai disekitar Ma. Bulian ada temenku yang watsap nanya2 Kayu Aro. Mulailah aku ngomongin puncak. Buat yang pernah ke Kerinci mungkin Kayu Aro gak asing, Kayu Aro itu kampung yang ada di lereng Kerinci, terkenal sama kebun teh dan produksi teh yang khas banget rasanya. Pendaki Kerinci biasanya lewat Kayu Aro ini, untuk menuju dusun ini bisa via, Solok-Padang, bisa juga via Bangko-Jambi. Tapi kebanyakan lebih milih lewat Solok, soalnya jarak tempuh yang lebih manusiawi dari pada lewat Bangko. Mungkin bisa dibayangin, dari Jambi kota (airport) untuk ke Bangko lewat darat sekitar 4-5 jam, dari Bangko ke Kayu Aro 3-4 jam, tepos dah pantat. Kalo landing di Padang trus lewat Solok-Padang cuma sekitar 2-3 jam udah sampai di dusun Kayu Aro. Begitulah gambarannya. Buat yang tinggal di daerah Ma. Bungo jelas paling enak lewat Bangko, kata Papa dari Bungo ke Kayu Aro sekitar 3 jam kalau gak rusak jalan. Deket kan?

Kerinci Mt. Source: www.kencanatour.com

Jadi lanjut deh ngomongin puncak2 yang lain. Papa cerita pengalaman2nya dulu, ngasi "wejangan" buanyak banget yang mesti disiapin sebelum muncak, termasuk what to do and what don't to do. Dari semua itu intinya Papa gak mau aku asal sembarangan naik, sembarangan ikutan temen. Dalam hati aku ngomong "Pah, anakmu ini udah dari jaman jebot mupeng banget buat naik, tapi Mama tu belom negbolehin mulu", dan terakhir Papa cuma pesen gini sama aku: "Terserah kalau mau naik, boleh. Yang penting ga musim ujan, jangan bulan2 November-Februari. Kalo udah masuk Maret-April barulah". Oke Pah, siap.!! Aku sabar kok nunggu sampai Maret *langsung kebayang Lawu sama Merapi*.
Alhamdulillah, jam 11 masuk Jambi, langsung kami singgah ke rumah tante Nunus. Jam 12 aku masuk kamar, tidur. Papa masih lanjut ngobrol sama tante, gak tau sampe jam berapa.

Selasa, 31 Desember 2013
Nunggu Take Off - Sultan Thaha Airport, Jambi
Jam setengah 3 aku bangun, doa, trus ketiduran. Jam 3.30 kaget denger alarm, langsung bangun trus mandi. Bangunin si Ama susah banget, akhirnya jam 4.15 dia baru turun dari kasur trus mandi. Jam 4.30 *waktu jam tembok rumah tante* kami udah siap semua, trus bangunin tante mau pamitan. Ehhh,, ternyata jamnya dicepetin 15 menit, ealaaaahhhh, kok ya nggak bilang sih tan. Tapi Alhamdulillah sih, jadinya kami ngeteh dulu, Papa masih sempet ngopi juga. Pas jam 4.45 *waktu jam tembok rumah tante* kami meluncur ke airport. Sampai airport jam 4.50 *waktu jam airport*, langsung checkin trus keluar lagi sambil nunggu boarding ngobrol2 sama Papa di luar.

Jam 5.45 WIB pamitan sama Papa, trus masuk ke waiting room, takut gak kedengeran kalo dipanggil boarding. Bener aja, baru 5 menit duduk udah dipanggil boarding. Pas udah di pesawat sempet watsap lagi sama Papa, ternyata Papa nunggu sampai take off baru pulang katanya.

Ama, Terminal 1A Cengkareng
Jam 7.25 pesawat landing di Jakarta, aku langsung ngurus transit, minta pindah seat. Ya menurut lo aja nih ya, masak aku dapet seat ke pisah sama si komo, 16F sama 17A, apa judulnya itu duduk jauh2an begitu? Kalo aku sih woles yah, cuma si komo nih kasian kalo kayak anak ilang begitu. Alhamdulillah seat 17B kosong, jadi kami bisa sebelahan. Abis ngurus checkin, langsung naik ke ruang tunggu di terminal 1A. 3 jam tuh kami guling2 di bangku, ampe abis 2 film di tonton. Sempet watsapan sama Papa, sama Mama, sama temenku juga. Papa lagi berenti ngopi di Sei Betung, ngantuk katanya.

"Kepada penumpang dengan nomor penerbangan JT 558 dipersilakan masuk ke pesawat melalui pintu A12". Yes.!! Alhamdulillah, gak delay.!! Ajaib, Lion gak delay.!! Rasanya mau sujud syukur deh *Ojo alay ngono loh, marai isin*. Etapi ini beneran, baru sekali ini aku abis transit gak kena delay, biasanya abis transit di Jakarta tu paling cepet delay 1 jam, pernah aku kena delay sampai 4 jam.!! Langsung dengan semangat juang 45 aku capcus dari bangku kebosanan menuju gate A12 dan sempet foto2 dulu sebelum masuk pesawat. Di flight inilah aku ketemu sama Pak Adam, orang yang tinggal di Paris dan jadi inspirasi baru buat aku.

Lion Air JT 558, CKG-JOG, through gate A12

Jam setengah 1 siang landing di Jogja, sekitar jam 1 baru keluar dari airport. Sambil nunggu jemputan Mama sempet foto2 lagi di Adisutjipto, trus aku jalan berdua sama si Ama. Mama jemput naik motor, jadinya Ama ku suruh jalan duluan bawa koper dan printil2 kecil, aku terus jalan sambil bawa backpack ku sambil nunggu Mama balik.

Left Wing
Adisutjipto Airport, Jogja

Alhamdulillah. Sampai rumah, cuci2, bebersih, makan, trus tiduran doank di kasur. Prepare recharge energy buat acara Pembinaan Generus mulai Maghrib nanti.