Kamis, 02 Januari 2014

Year End Trip: Koper & Ransel Mudik ke Jambi [Part I]

Udah setahun gak ketemu Papa, kangen banget rasanya. Kebetulan lagi free juga, gak ada kerjaan yasudah, langsung bilang sama Mama, Papa. Rencana awalnya aku mau ke Jambi sendirian, soalnya ngejar acara dan agenda akhir tahun yang aku perkirakan bakal numpuk dan padat. Tapi waktu ngabari Papa ternyata disuruh ngajak adek ku sekalian, itu artinya keberangkatan terpaksa ditunda soalnya Ama masih ujian semester. Nego2 sama Mama-Papa-Ama, liat kalender, ngitung perkiraan liburan sekolah, hunting tiket, akhirnya fix juga rencana keberangkatan kami. Here we go, Koper & Ransel Mudik berangkat naik bus, pulang naik pesawat.

Kamis, 19 Des 2013
Dengan semua kegalauan hati karena ninggalin agenda dan tanggungan yang lumayan banyak, akhirnya aku berangkat juga ke Jambi sama si Koper, my 'lil sissy, Ama. Galau bukan karena apa-apa, tapi ada banyak banget agenda yang bakal ku lewatkan. Tapi yaudahlah, ini kan birrul walidain, nurut sama Papa-Mama, sekalian menyambung silaturohim sama saudara2 disana.

Jam 14.30, aku baru di daerah Janti, tancap gas setancap2nya. Karena harusnya jam segitu bus udah berangkat, jadilah HP ku berisik nyanyi2 sepanjang jalan gegera ditelponin sama agen busnya. Mama sama Ama udah berangkat duluan dari tadi. Dalam hati aku mikir, "Neng, kalau ditinggal pegimane ceritanye.??".

Alhamdulillah, gak ditinggal, bus berangkat juga jam 14.45 WIB, walaupun aku jadi penumpang terakhir yang naik dan spesial ditungguin. -_-"
Di dalam bus tiket ku diperiksa sama kernet busnya, langsung ditanya2 kenapa bisa telat, siapa yang telat. Haha, ya maap pak, tadi mampir beli oleh2 dulu sih. :p

Jum'at, 20 Des 2013
Sampailah kami di Pelabuhan Merak, Banten. Bus masuk ke dermaga 2, tapi ternyata kapal sudah penuh, akhirnya kami pindah ke dermaga 4, menunggu kapal yang mau sandar. Sekitar setengah jam, akhirnya bus sudah terpakir kece di perut kapal. Penumpang-pun turun dari bus, aku juga donk, mau ke deck belakang kapal. Ngapain.?? Ya photo2 laaaahhhh, hehe.

Di Kapal Ferri, wif lil sissy
Merapat di Pelabuhan Bakauheni, Lampung
Bakauheni, Lampung

Penyeberangan Merak-Bakauheni sekitar 3 jam, sekitar jam 4 kami udah keluar dari pelabuhan, dan perjalanan dilanjutkan di "pulau sebrang" ini via Lampung, Palembang, Jambi. Nah, mulai was2 nih, waktu berenti makan malam tadi, kami udah denger2 kabar ada macet lumayan parah di Betung, perbatasan Palembang-Jambi. oke, harus perbanyak doa nih, biar ga kena macet.
Bus pun melanjutkan perjalanan menuju Palembang, sementara aku abis nitipin HP di deket sopir, trus (mencoba) tidur di kursiku *numpang ngecas ye mas. :D

Sabtu, 21 Desember 2013
Jam 02.30 WIB bus berenti di daerah Palembang, aku kebangun tapi gak niat buat turun, males. Si Ama masih tidur pules banget disebelahku. Abis doa malam aku kedepan, liat HP ku yang semalem aku titipin ngecas disitu. Edodo'e,, gak masuk rupanya,, colokannya gak pas -_______-
Duduk di samping mas sopir, dia bilang "Nggak beli makan mbak? Dibungkus gitu. Denger2 di Betung macet parah lho, kemungkinan telat masuk Jambi.", yah mas,, orang males gini, ngantuk nih, ku jawab aja "Nggak mas, adikku masih tidur", *ora nyambung jawabannya, wkwk.


Sekitar jam 03.00 WIB bus lanjut perjalanan. Aku tetep duduk di bangku paling depan sebelah sopir. Tau kan, kalau bus besar AKAP gitu ada 2 bangku kernet di samping sopir, bangku yang bisa dilipat gitu lhoh. 1 bangku di deket pintu masuk depan, 1 lagi pas ditengah bus disamping sopir, biasanya dimajuin kalau ada orang mau lewat. Nah, aku duduk cantik tu yang di tengah, pak kernet bus duduk yang di deket pintu sebelah kiri. Duduk di depan gitu wow aja rasanya, ngadep kaca segede gaban, semua yang dijalan keliatan, mana lagi mas sopir ini nyetirnya asik, dibilang selow tapi gak selow, dibilang ngebut ya gak ngebut juga. Asik aja. Disitulah aku mulai ngobrol2 sama sopir sama kernet busnya. Diintrogasi lagi kenapa kemaren bisa nyampe telat *pak, plis, udah donk. Iye ngerti dah aku tersangka utamanya, tapi udah donk, kemaren pak kernet yang tua itu juga udah nanyain ampe detail banget* -_-"
Sekitar jam 6 pagi beberapa penumpang yang mau turun di Palembang kota diloper ke bus PR yang lain, untuk menghemat waktu kami yang mesti lanjut ke Jambi. Aku juga masih duduk disitu dan bus pun lanjut ke arah perbatasan Palembang-Jambi.

Sekitar jam 8 atau jam 9 pagi kami mulai kena macet menjelang Betung. Yap, benar sekali, macet parah menjelang Betung. Karena saking gak bergeraknya kendaraan, mesin bus sampai dimatiin. Panas, ditengah ladang dan kebun pula. Mesin dinyalain sesekali biar AC bisa tetep nyala biar penumpang gak kepanasan. Bus bisa maju 5 meter aja udah alhamdulillah banget rasanya, karena saking macetnya. Sampai jam 2 siang masih terjebak di antrian kendaraan itu. Aku makin bosan, lapar pula. Mulai dari jumpalitan di bus, ngobrol sama sopir, kernet, penumpang, semuanya udah. Foto2 sama Ama juga ampe mati gaya. FYI, sisa penumpang yang ke Jambi tinggal 5 orang termasuk aku sama Ama.

Oh iya, crew bus ini ada 3 orang, 1 kernet seumuran om ku, dan 2 sopir, yang 1 udah paruh baya (mungkin sdikit lebih tua dari Papa), 1 lagi seumur masku gitulah. Mereka ramah sama semua penumpang, orangnya friendly, jadi berasa aman dan nyaman. Dari ngobrol dengan mereka itu aku dapat banyak pelajaran, banyak nasehat dan cerita pengalaman perjalanan hidup mereka bisa bikin aku jadi lebih introspeksi diri trus bersyukur. Mungkin lain waktu aku ceritain.

Pemberentian Terakhir, RM. Musi Indah, Palembang

Sekitar jam 3 sore baru bisa jalan pelan, aku pun tidur dan sekitar maghrib kami sampai di Rumah Makan Musi Indah, tempat pemberentian terakhir yang masih di daerah Palembang. Bus berenti lama disini, sekitar 1 jam mungkin. Disini aku udah gak selera makan, penyakitku kalau bepergian, ga doyan makan. Jam 8 malam bus melanjutkan sisa perjalanan yang mesti ditempuh, aku mulai kurang enak badan, jadinya aku tidur aja.

Usut punya usut, kemacetan di Betung itu disebabkan rusaknya jalan, trus 2 hari sebelum bus kami lewat ada truk muatan barang yang "ngguling" karena pecah ban. Truk itu ngalangi jalan dan belom diderek sampai hari sabtu pagi, jadilah semakin memacetkan lalu lintas Palembang-Jambi.

Minggu, 22 Desember 2013
Jam 12 malam bus berenti, akupun kebangun dan bingung, langsung nanya sama kernet sama sopirnya "Pak, aku dimana? Aku siapa? Bapak siapa?", *plaaaakkkk,, gak alay gitu juga sih nanyaknya. Ternyata udah sampai di pool Putra Remaja Jl. Sriwijaya, Jambi *haha, dasar oneng. Ngabarin Papa donk, gak mau aku makin tersiksa nunggu jemputan. Eh, gak taunya Papa udah nunggu di pool dari jam 11, tapi kan mobilnya gak keliatan, jadi ya aku mana tau Papa udah nungguin dari tadi, namanya aja orang bangun tidur, hehe. Lucunya, Papa juga tidur, jadi pas bus ku masuk, Papa sebenernya udah tau, tapi pas diliat kok busnya kosong, trus bus berenti juga gak ada yang turun *yaiyalah, lhah penumpang 5 biji pada tidur semua, hahaha*, jadinya Papa tidur lagi. Nah, pas aku kabari kebetulan ada bus dari Solo baru masuk juga, dikira Papa yang baru datang itulah busku, haha.

Turun dari bus langsung nyamperin Papa. Barang2 diturunin, barulah Ama dibangunin *Etdah, pules banget tu anak tidur, dibangunin Papa baru mau dia*. Udah semua beres, sekitar jam 00.30 WIB kami lanjut perjalanan ke Bungo. Papa yang nyetir, aku tidur lagi *Gile lu lip, tidur mulu kerjaannya. Ya kali aja ndroo,, aku baru tidur pas abis nyebrang, abis berenti makan malem di Lampung, mata berat ndrooo*.

Alhamdulillah sekitar jam setengah 6 pagi sampai juga. Langsung aja menghambur ke dalam, lupakan semua barang2 yang berserakan di mobil. Wudhu, sholat, lanjut tidur. Hahaha.

Sebenernya perjalanan mudik tu ya biasa aja sih, cuma karena ini sekalinya pengen mudik via darat malah kena macet. Jadi seru aja buat diceritain. Pesenku, kalau si sopir ngasi saran buat beli bekal makanan untuk macet, belilah. Dari pada kelaperan dan berujung maag kambuh kayak aku kemaren, 2 hari guling-guling dikasur saking parahnya maag ku kambuh. Hehe.

PS. Ini kedua kalinya aku perjalanan darat Jogja-Jambi. Aku ingat betul, pertama kali perjalanan darat ke Jambi tu pas aku masih SD kelas 2, adikku si Ama pun belum lahir *jangankan lahir, dikandung aja belom*. Waktu itu juga naik bus Putra Remaja, jadi di mindset ku, bus Putra Remaja tu udah "megang" banget untuk perjalanan Jawa-Sumatra. Pas balik ke Jawa naik mobil sendiri, Papa yang nyetir. Konvoi sama mobil Oom & Pakde.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar