Selasa, 17 Desember 2013

Ikutan Kompetisi Adira Faces of Indonesia

Ikut. Engga. Ikut. Engga. Ikut. Engga.. Ikut...
Ikut deh.!!

Jadi kemaren ceritanya sibuk stalking timeline account2 travelling gitu di twitter, trus nemu sebuntel twit dari @TravellerKaskus yang me-retweet account @AdiraFOI. Intinya, twit itu promosiin kegiatan kompetisi fotografi dan artikel. Langsung deh penasaran dan ngerasa tertantang. Apalagi hadiahnya tour ke Flores,, hwaaaa.. maaauuuu..

Adira - Faces of Indonesia

Langsung menuju TKP. Baca teliti dah itu syarat dan ketentuannya.
Dari 2 cabang kompetisi kayaknya lomba artikel yang lomba-able buat aku *minder gitu ceritanya kalo mau ikut yang fotografi*. Yaa,, kalau nulis kan memang aku seneng nulis, apalagi ini tentang pariwisata Indonesia, trus juga tema2 tulisannya "masuk" semua sama aku, ada Wisata Alam, Wisata Bahari, Wisata Budaya dan Wisata Kuliner. Nah, dari 4 tema tadi, aku tertarik semua, mulai deh semangatnya muncul. Trus sambil mikir2 mau ambil tema yang mana, aku baca2 lagi syaratnya, submit sebagai member, dan sempet liat2 karya yang udah di submit, kali aja ada obyek yang mirip atau obyek yang sama kayak yang lagi aku pikirin.

Mulai deh, ngetik2, nulis2, tapi baru 5 menit, NGANTUK.!!
Lirik jam di sudut kanan bawah layar, ternyata udah jam setengah 3 pagi, *panteeeesssss*. Yaudah deh, dari pada ntar malah artikelnya ga beres, mending sholat & doa malam, trus tidur, nulisnya dilanjutin besok ajah *pikirku*. Tapi kayaknya aku gatel banget buat submit ke kompetisi ini. Akhirnya habis sholat malam aku buka2 "brangkas" fotoku, obyek apa aja yang ada, mana yang jepretanku, mana punya anak2 yang lain, diinget2 lagi, diliat stylenya.
^ Sharing dikit yah. Ini nih resiko sharing gear, kadang masih suka pinjem2an kamera pas liburan bareng, trus pas udah transfer2 lupa ga langsung dipilihin mana yang jepretanku, mana yang punya anak2. Jadi misal ada perlu begini jadi ribet sendiri. Harus nginget2 mana kamera yang ku pake, pas motret apa, pas dimana. Tapi setiap fotografer pasti punya style masing2, dan itu yang memudahkan untuk mendeteksi which is mine, which is their. Bukannya apa2, takutnya anak2 lain juga punya keperluan komersial macam gini.

Pantai Banyu Tibo, Pacitan

This is mine.!! Udah yakin, udah mantep dengan beberapa pilihan foto. Retouch sedikit fotonya, brightness-contrast, saturation, dan retouch standar lainnya, termasuk compressing image *perlu, karena syarat & ketentuan lomba ini maximum file size 1MB.
Trus dari beberapa pilihan yang udah di retouch tadi dipilihin lagi mana yang paling lomba-able *kembali lagi ke kualitas, keunikan dan teknik motretku yang pas2an*. Ini deh, yakin deh. Trus
buka submit page.

Awalnya aku ragu2 mau jadi submit atau engga, soalnya pas lihat lagi peserta lain yang udah submit hasil jepretannya bikin minder, punya mereka tuh bagus2 banget. Pertama udah kalah gear, kedua jelas mereka menang teknik, menang jam terbang dibanding sama aku. Trus obyek2nya tu kan daerah wisata alam di Indonesia yang bikin envy. Kenapa? Soalnya memang obyeknya bagus, ditambah lagi si fotografer emang pinter ambil angle, teknik yang bagus dan retouch yang wow. Lengkaplah alasanku untuk mupeng.

Bismillah, submit aja dah. Daripada penasaran gak karuan gini.
Akhirnya tersubmitlah sebuah gambar atasnamaku. Dari dulu banget pengen ikut lomba fotografi, tapi gak pernah pede, selalu minder. Tapi sekarang bolehlah dicoba. Gak dosa ini, hehe. Eeehhh,, gak taunya ketagihan, jadi pengen submit foto2 yang lain, taunya denger adzan Shubuh, yasudah, sholat Shubuh dululah. Abis sholat malah ngantuk, tidur deh.

Kebun Teh Ciwidey, Bandung

See, dalam beberapa hari akhirnya ada 4 foto yang ku submit. And you know? Belum ada 1 artikel yang jadi dan ku submit, hahaha. Rencananya abis publish cerita ini mau nulis artikel ahhh.

Oh iya, buat semuanya, boleh ya vote salah satu foto jepretanku, bisa liat di link bawah ini. Mau vote lebih dari 1 juga gapapa kok. Boleh banget malah. Merci ^_^

1. Pantai Banyu Tibo, Pacitan
2. Pantai Klayar, Pacitan
3. Kebun Teh Ciwidey, Bandung
4. Candi Sambisari, Jogja

Perkara menang atau engga, urusan belakangan deh, yang penting aku udah memenangkan rasa minder dan gak pedeku, hehe.

Karya yang akan diikutkan di kompetisi Adira FOI atau Adira Faces of Indonesia diterima sampai dengan tanggal 31 Januari 2014, termasuk untuk mengumpulkan vote dimasing2 karya yang dikirimkan.
Di kompetisi ini, karya yang di submit wajib mendapatkan 3 vote minimal. Harus ada hashtag #ubeknegeri dan #copadeflores disetiap judul karya yang disubmit. Trus, peserta juga wajib follow account twitter Adira FOI dan fan page facebooknya. Yang terpenting, karya milik sendiri dan bukan hasil composite.

Untuk info lebih lengkapnya atau yang mau ikutan kompetisi, bisa lihat langsung ke webnya ini http://adirafacesofindonesia.com/.

Ayoookkk.!! Visit Indonesia.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar