Kamis, 12 Desember 2013

Year End Trip: Bandung [Part 1]

Hwaaaaahhhhh,, akhirnya kesampaian juga ke Bandung. Gak tau kenapa yah, Bandung tu kok rasanya beda gitu kalo dibandingin kota-kota lain di Indonesia. Banyak sih yang bilang, "Bandung mah sekarang banyak berubah, ga kaya dulu lagi", tapi yah buat aku teteplah itu jadi favorit. Kadang kepikiran, pengen deh tinggal di Bandung, kepengen aja gitu. Walopun aku tetep menomorsatukan Jogja sebagai kota tercintah.

Anyway, mbolangku ke Bandung ini ceritanya "End Year Trip", judul doank sih, karena awalnya aku udah rencanain liburan ke Bandung sama Alm. Mb Salmon, tapi sepertinya Allah berkehendak lain, jadi yaaa, ga sama mb Salmon deh. Trus, sekitaran November kemaren si Desi ngajakin ke Bandung juga, reunian gitu, sekalian liburan sekolah adeknya, tapi dia batal juga. Akhirnya aku berdua aja sama Ula, backpackeran.

Tiket Kereta Kahuripan Jogja-Bandung PP

Sabtu, 7 Desember 2013
Jam 7 malam ketemuan di stasiun Lempuyangan, aku dianterin sama Mama, pas aku datang, pas kereta masuk stasiun juga *gile lu ndrooo, mepet amit,, lhah emang gw telat datang*. Habis salam n cipika.cipiki Mama langsung ngacir checkin ke stasiun. Udah berdiri cantik di pinggiran rel baru keinget belom beli Tolak Angin, yaudeh, ngacir deh ke Alfamart di dalam stasiun situ. Tepat jam 19.10 WIB kereta Kahuripan berangkat, ontime bet dah, persis kek yang ditulis di tiket.

Ini pertama kalinya aku naik kereta jarak jauh setelah adanya pembaruan fasilitas dan subsidi dari pemerintah. Keretanya nyaman, walaupun kelas ekonomi, bayar IDR 50,000 tapi ada ACnya, ada colokan *lumayan buat ngecas*, ada tempat sampah, dan udah ada penertiban pedagang asongan. Ini nih, yang bikin mikir. Disatu sisi, gak adanya pedagang asongan dikereta memang bener-bener bikin penumpang berasa nyaman, tidur gak berisik, dan banyak kenyamanan lainnya. Tapi disisi lain, kalau mereka gak jualan dikereta, mereka jualan dimana donk? Yah, tapi jalan rejeki selalu ada. Tuhan maha adil. :)

Minggu, 8 Desember 2013
Sekitar jam 5 pagi sampailah di stasiun Kiaracondong, Bandung. Begitu keluar dari kereta, matahari belum sepenuhnya terbit. Huuuwwwww,, buaguuussss banget. Ga boleh disia2in, langsung deh jepret sana-sini. Udah gitu, langsung ke toilet, bebersih badan.

Menanti Fajar, Kiaracondong, Bandung
Stasiun Kiaracondong

Here we ready to go.!! Tujuan hari ini: Kawah Putih, Situ Patenggang
Jam 6.30 keluar dari stasiun, langsung nyari angkot ke terminal Leuwi Panjang, perjalanannya sekitar hampir 1 jam. Sampai di terminal Leuwi, nyambung angkot ELF ato L300 warna putih jurusan terminal Ciwidey, ini sekitar hampir 1,5 jam perjalanan. Sampai di terminal Ciwidey jam setengah 9 lebih dikit, disini kegalauan dimulai. Dari itinerary yang udah aku buat, harusnya kita naik angkot warna kuning ke kawasan Kawah Putih, tapi yang ada malah angkot kuning buat di carter ato di sewa rombongan gitu. Aku udah clingak-clinguk nih sama Ula, kok gak ada angkot umum biasa yak. Karena bingung, laper, yaude, makan aja dulu di warung deket terminal situ. Udah sejam ngobrol-ngobrol, nanya sana-sini, kayaknya susah nih nyari angkot kuning yang non-carter. Akhirnya gabunglah kita sama serombongan cewe-cewe yang udah dari kapan hari nunggu di dalem angkot itu. Tawar-menawarlah kami sama si abang angkot, akhirnya deal IDR 60,000 dengan 3 lokasi wisata. *pilik nian lah dia, gak mau rugi bet* -____- Tau sih, itu kemahalan, tapi cewe-cewe itu ga ada yang mau bantuin gw nawar. Emosi gak sih loooo.. *backpacker gagal nih*

Angkutan Umum - Terminal Ciwidey - Ontang anting Kawah Putih

Akhirnya jam 10.30 kami jalan dari terminal Ciwidey menuju lokasi Kawah Putih. Dalam hati, ni sopir hobi ngedrift kali yak, bawa angkotnya gini2 amat. Perjalanan dari terminal nih sekitar 1 jam. Pas udah sampai di gerbang Kawah Putih, ada semacam tempat pemberhentian kendaraan gitu. Jadi, bus pariwisata yang gede gitu dilarang naik, dengan alasan medan perjalanan yang wow bingit *ini gw gak lebai*, atopun misalnya ada orang yang naik angkot kuning itu, bisa juga turun disini. Solusinya, naik ontang-anting, semacam angkot gitulah untuk sampai ke lokasi kawah. Aku.?? Ya tetep duduk di angkot kuning yang disewa tadilah. Gile aja udah sewa angkot masih harus bayar ontang-anting juga. Oh iya, retribusi masuk ke wisata Kawah Putih ini IDR 15,000 aja.

Lokasi Kawah Putih
Sampai diatas.. Etdah,, rame amit yak. Manusia semua nih isinya. *ya kalik ada jerapah, badak sama singa, lu kira Taman Safari?*.
Mau poto2 di tulisan KAWAH PUTIH yang segede gaban itu, tapiiiii *manusia itu naaahhh*, jadinya langsung aja turun ke kawahnya. Sebelum turun ke kawah, pengunjung diwajibkan memakai masker, beruntunglah aku yang hobi bermasker kemana-mana, jadi gak perlu beli lagi disono. Jalan turun tangga sekitar 5-10 menit. Sampai di kawah. Excited sih liat kawahnya, tapi langsung males liat manusia dimana-mana, haha. Menurutku ya, coba kalo pas gak weekend atau musim libur, pasti gak seramai ini. Aku sih ya mendingan keliling nyari tempat yang rada sepi, yang viewnya bagus, yang anglenya pas. Gak gampang, tapi pasti ada, pasti bisa, insting seorang photographer (walopun amatiran) tu gak boleh lemah *tsaaaaaahhhhh.

Kawah Putih, Ciwidey, Bandung
Kawah Putih, Ciwidey, Bandung
Ula n I
Me, My Self & I

Udah puas nih photo2, sekitar jam setengah 1 balik ke area gerbang masuk. Sempet foto di tulisan KAWAH PUTIH itu juga akhirnya, trus mlipir, si Ula nyari toilet, aku nyari mushola.
Habis sholat, pas jam 1 siang kami semua cus ke Situ Patenggang, ada juga yang bilang Situ Patengan. Kalau dari Kawah Putih perjalanan sekitar 20-30 menit. Sepanjang perjalanan kebun teh menghampar luas banget. Lukisan indah Sang Maha Pencipta. Subhanallah, luar biasa pokoknya. Lensa wide manapun gak bakalan cukup menggambarkannya *tapi ini aku motret pake lensa standar doank, lah adanya itu doank, huwahahaha*. Atas kesepakatan, kami berhenti dipinggir jalan, pada turun ke kebun teh, photo2 diantara perdu teh.

Ciwidey, Bandung

Sampai juga di Situ Patenggang. TAPI KAMERA GUE MATI, ABIS BATRE.!! Beruntunglah ada mas2 baik hati yang mau berbagi colokan denganku, jadi deh nitipin cas n batre disitu. Sementara itu aku jalan muter2 sama Ula. Oh iya, di Situ Patenggang ini, katanya ada batu cinta di bagian tengah Situ, harus naik perahu nyebrangnya, tapi berhubung gerimis, ogah deh. Jadi ya aku gak tau bentuknya beneran kayak cinta atau engga. Dan aku cuma photo2 pake HP. Nah, buat backpacker atau traveller yang mau beli2 sesuatu, belilah di sini, katanya sih lebih murah dibanding di Kawah Putih.

Sekitar jam setengah 3, aku keluar dari area Situ, cari makan, laper cuy. Pas diwarung makan, ketemu deh sama mas2 yang tadi aku titipin charger. Ngobrol2 deh jadinya, ternyata eh ternyata, dia orang Solo. Dia itu SISKOAD yang lagi dinas di Bandung *pantesan potongan rambutnya gak asing*. Selesai makan, langsung kami cus balik ke terminal Ciwidey. Tapi, sebelum itu kami mampir ke kebun stroberi, petik sendiri. Sebenernya yang excited ke kebun ini mereka2 itu, tapi berhubung sekalian jalan, mumpung di Bandung juga, ya apa salahnya sih ikutan, bayarnya juga sama. Hahaha.
Kebun stroberi ini luas, bagus banget viewnya. Stroberi yang berwarna merah menyala keliatan mencolok diantara deretan polybag hitam dan daun yang menghijau. Jujur, aku gak excited buat ikutan metik. Pertama, gak terlalu suka stroberi. Kedua, motret lebih asik. Oke. Sip.

Kebun Petik Stroberi, Ciwidey
Stroberi yang udah dipetik terus ditimbang, dibayar, baru dibawa pulang. Lanjutlah perjalanan pulang. Sekitar 30an menit (jam 4an sore gitu lah), sampai juga di terminal Ciwidey. Dari sini langsung kami nyambung angkot ELF Putih tujuan terminal Leuwi Panjang. Sebenernya rute perjalanannya sama, tapi ada macet di sekitar Kopo, jadi jam setengah 6 sore baru nyampai di Leuwi. And you know what.?? BUS DAMRI TRAYEK V SUDAH HABIS.!! *nah loh, mau ngesot tuh nyampe hostel.? Ato naik taksi.? Aih, beneran bisa gagal jadi backpackgirl nih* Setelah nanya2 ke beberapa sopir angkutan, akhirnya kami naik Bus Damri jurusan Leuwi-Cicaheum dan turun di simpang RE. Martadinata - A. Yani, dari situ kami sambung naik angkot hijau-orange tujuan Dago dan turun di depan jalan Halmahera. Dari depan jalan itu tinggal jalan sedikit, sampailah di Pinisi Hostel. Sekitar jam 6 sore berhasil juga checkin. Alhamdulillaaaaahhhhh :D

Malam di Riau, Bandung
Pos Indonesia, Riau, Bandung

Udah istirahat, lurusin badan dikasur, udah mandi, bersih2, jam 9an malem keluar buat nyari makan, laper cuy. Hahaha. Sekitar jam setengah 11 balik ke hostel, istirahat, dan siap buat petualangan besok pagi. Ceritanya nyambung besok yaaa :)

Sesuai janjiku, nih, lanjutan cerita ngebolang ke Bandung, bisa dibaca disini. Kalau itinerary & budget detail ada disini. :)

13 komentar:

  1. Hasil potone apik2 lip :D
    le moto nggo kamera opo ? hehe

    BalasHapus
  2. Pinisi di daerah mana? Berapaan Lip? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinisi tu di daerah Riau, di jalan Halmahera, deket banget sama FO2 sama Dago. IDR 85,000/orang/malam

      Hapus
    2. Per orang ya? Sharing room? Yg 4 ato 6 Lip? Waaaahhhh... Boleh kayaknya :D

      Hapus
    3. Iya sharing room, ntar dapat kunci loker buat nyimpen barang. Aku pake yang khusus cewe (female bunk bed). Klo yang 6 tu campur. Kalo buat orang yang ga rewel & suka kere-hore, ini recommended Mbun.

      Hapus
    4. Boleh boleh ni, cuma buat tiduran aja.
      Iya ya, ada yg campur, kmrn ngliat profilnya. Pesen online kah? ato on the spot bisa? #banyaktanya. Hahahaaa

      Hapus
    5. Yup, sayangnya klo yang cowo tu harus dikamar campur itu. Tapi gpp, paling yang tidur dikamar campur cuma cewe bule (kemaren sih pas bareng gitu).
      Aku kemaren pesen online, tapi on the spot juga bisa *kalau gak penuh kamarnya,, haha

      Hapus
    6. Kan malah asyik tuh, Ris.. *eh.. :P

      Oooh iya, emg lumayan kamar segitu mh, aplg di tengah kota. Sip dah..

      Hapus
  3. Balasan
    1. ini lagi nulis part 2 yang ancur gara2 hujan T_T

      Hapus
  4. iku mBandung selatan mbak, durung mBandung utara, ciwedey,tangkuban perahu, dll
    ke bandung lagi lah

    Gak kabar2 ki ke bandung..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhah ini kan di ciwidey..
      iyak, aku belum ke ciater, lembang, tangkuban prahu, sama landmark2 kota juga belom. tar, next time. haha

      aku kabar2, tapi sama Nurul :D

      Hapus