Minggu, 06 Oktober 2013

Tracking Gunung Api Purba

Besok sabtu. | Hah.?? Sabtu besok ini.?? | Iyolah. Siapke fisik. Bawa air minum 2 botol, mi 2, senter, mantol, jaket, matras. Jam 2 berangkat. | Oke.

Itulah sms ku sama Erick, dia ngajakin pemansan ke Gunung Purba sebelum pendakian ke Merbabu minggu depan. Ntah apa, tapi aku selalu ingin menikmati setiap langkahku di alam bebas.

Embung Nglanggeran
Walaupun capek, tapi tetep senyum

Akhirnya setelah adzan ashar baru kami ngumpul di rumah mas Adi. Kami berangkat ke Gunung Kidul naik motor, lewat jalan Wonosari
terus aja naik ke atas. Begitu sampai diatas pasar patuk, ada pos polisi patuk, belok ke kiri. Tinggal ikuti jalan aspal yang cuma ada 1 sepanjang jalan. Sampai akhirnya kita lewat banyak BTS tv swasta berjajar di kiri-kanan jalan. Ndak lama dari situ sampailah kita di area parkir Gunung Api Purba Nglanggeran. Perjalanan motor dari rumah sampai kesini sekitar 30-40 menit.

Parkir motor, abis itu mendaftarkan diri di basecamp/loket dan bayar retribusi sebesar Rp. 7.000,- terus langsung saja persiapan untuk jalan keatas. Aku sama dek Dini suruh jalan di depan, mereka berdua cuma ngawasi dari belakang dan ngasi tau kalo harus belok kemana. Semua tas bawaan juga suruh kami yang bawa. Bener2 kayak di ospek rasanya, ospek naik gunung, mungkin baru ada kali ini.

Treknya terjal, naik banget, aku cepet banget kecapean dan rasanya udah hampir abis napasku. Tapi aku harus bisa sampai puncak. Selain buat ngukur kemampuanku, aku juga ga mau gagal ke Merbabu minggu depan. Dari beberapa review dan cerita temen2 yang udah pernah ke Merbabu via Wekas, treknya ajib banget nanjak.

Finally, sampai di puncak Gunung Purba ini, sekitar 1 jam 15 menit, soalnya aku banyak berenti2, jalannya cimit2, padahal dek Dini semangat banget dan keliatan fit banget badannya. Umumnya, orang bisa naik sampai ke puncak Gunung Purba ini cuma perlu waktu 45-60 menit aja. Tapi Erick maklum, soalnya aku tadi malem ga bisa tidur dan siangnya buru2.

Yes, nyampai puncak
Capek, duduk dulu
Masih capek sih

Kami cuma duduk2 menghabiskan sore sambil menikmati sunset dipuncak. Waktu udah cukup ilang capeknya, kami turun ke tempat yang agak landai untuk sholat maghrib dan sekedar bikin mi dan minuman hangat untuk recharge tenaga buat turun. Setelah beberes, kami langsung meluncur turun.

Sunset di Gunung Api Purba
Right there beside you
dek Dini narsis
Beberes sebelum meluncur turun

Kami sempat mampir di pos III, pemandangannya luar biasa bagus, melihat keatas ada ribuan bintang berkelip, dan saat melihat kebawah ada ribuan bintang lain yang berkelip2 juga. Heeemmmm,, benar2 obat lelah yang tiada tara.
Cukup 30 menit untuk menuruni gunung ini sampai di basecamp/loket. Dan bersama dengan ini, selesailah petualanganku trekking di Gunung Purba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar