Jumat, 18 Juli 2014

Potret Wajah Indonesia: Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual

Hey hey heeeeyyyy..
Mumpung Romadhon, pas ga ngetrip, kita sharing2 yang lain aja yak *biar tetep eksis gitu sih maksudnya, nyiahahahaha..
Oke, mending kita ngebahas kejadian lucu beberapa bulan lalu. Buat ku lucu aja sih, semacam ironi gitu jadinya. gini nih ceritanya...

Bulan Mei kemaren, aku tergabung jadi panitia disalah satu event terbesar tahun ini yang diselenggarakan oleh PPG Jogja 2. Event ini mengangkat tema Tata Krama. Sub-event ini ada lomba, ada seminar dan bazar. Nah, lombanya juga macem2, ada lomba design busana muslimah, design moeslem bridal, lomba short movie, iklan sosial dan lomba phonegraphy (photography by camera handphone or gadget). Pemenang lomba biasalah, ada beberapa kategori, salah satunya vote by fanspage Facebook. Waktu itu sekitar H-10, aku iseng pas dikantor buka fanspage albumnya based on kategori lomba. Yaaaa, kali aja ada yang bisa menangin hatiku untuk aku like *halaaaahhhh, bahasmu Lip -___-"
Pas tiba di album peserta phonegraphy, aku nemu 1 gambar yang gak asing, yang familiar banget, yang gak lain dan gak bukan adalah gambar yang pernah ku capture sendiri. Nah loh! Aku langsung kepikiran, oh, mungkin adekku yang submit buat diikutin lomba. Never mind.

Fanspage Album
Malam, sampai dirumah aku nanya adekku, "Dek, kamu ikut lomba foto ya?", "Lomba foto apa?", "Itu, lomba foto pake hape yang di acara I** ku", "Emang gimana nek mau ikut lomba?". Edodo'eeee, kenapa Ama malah bingung trus nanyain gimana caranya ikut lomba? Ngobrol panjang2 lama2 sama Mama juga, kesimpulannya si Ama nih gak submit tuh gambar. Trus, yang submit jepretanku siapa donk?

Langsung aja deh buka laptop, search google dengan keyword "ruang tunggu sepeda". Jeng jeng jeeenngggg. Muncul deh gambar itu, foto yang beberapa bulan lalu aku capture sama adekku di perempatan Brimob DIY. What the *tuuuutttttt*. Gilak, gambar ku diambil orang, trus di crop, retouch dikit, then di submit buat ikut lomba yang aku sendiri jadi panitinya. Ealaaaaahhhh. Ngakak gak abis2 aku jadinya. Kebayang donk gimana awkward-nya kalo misalnya aku ngomong langsung ke si peserta lomba. Itu foto pernah aku publish di blog ini, judulnya Potret Wajah Jogja: Budaya Tertib Berlalu Lintas. Waktu itu aku gatel liat orang yang gak bisa tertib dijalan, pengen ku sentil deh. Caranya ya lewat begini, semoga dia sadar. Eh, malah jadi cerita baru lagi. Hahaha.

Google search "ruang tunggu sepeda"
Facebook Fanspage (kiri) & My Blog Preview (kanan)

Semaleman aku mikir gimana biar bisa bilang ke panitia lomba, tapi si peserta ini juga gak kena malu karena ketauan nyomot gambar dari inet. Akhirnya berhasil juga ngasi tau ke panitia divisi lomba. Sampai sekarang aku juga masih gak tau siapa yang submit, yaaa, emang aku gak mau tau aja sih. Biar itu jadi rahasia Illahi *uopoooohhhh.

Pointnya adalah,
1. Siapapun bebas menggunakan karya orang lain, asalkan tau play role. Misalnya, diblog ini aku juga kadang2 nyomot gambar dari blog orang, tapi aku pastiin untuk ngasi source dimana aku nemunya. No matter itu karya dia ato hasil comotan tapi gak dikasi source juga, yang jelas aku gak asal comot. Kalo asal comot, namanya udah ngelanggar copyright.

2. Hak Kekayaan Intelektual orang lain udah kalian rampas kalo misalnya nyomot dari inet, ato darimanapun, trus kalian ikutin lomba tuh. Parahnya kalo sampe itu jadi salah satu bahan komersial, misalnya buat kerjaan, dll. Secara sadar banget kalian udah ngaku2 karya orang lain jadi karya kalian. Itu parah banget men!
PARAH BANGET! *biar jelas. Buat kalian biasa ajah, tapi buat yang punya karya, sakitnya tuh disiniiiiii *eh apasih.
Asal kalian tau ya, kekayaan intelektual tu udah ada peraturan perundang2annya di Indonesia, tepatnya di UU No. 19 Tahun 2002. Kalo kalian dilaporkan melakukan pelanggaran dan si pemilik karya menggugat secara perdata ke pengadilan niaga, sesuai undang2 tadi pasal 56 ayat (1), (2), dan (3) kalian bisa kena denda ato hukuman pidana men! Mau tuh dipidana minimal 2 taon penjara ato maksimal 7 taon? Ato didenda minimal IDR 150 jeti ato maksimal IDR 5 miliar. Gak worthed banget sama hadiah lomba yang paling cuma berapa juta sih.
Bukan masalah berapa hadiah lomba and prestige ketika kalian menang, tapi lebih ke harga diri kalian yang ikut lomba sama attitude kalian sebagai sesama manusia yang bisa menciptakan sebuah karya *woooeeeeee,, bahasa Lip, bahasa.

3. Jangan sampe ya, jangan sampe banget deh, orang2 Indonesia dicap sebagai plagiat kelas kakap. Emang sih, ini masalah attitude dan mental manusianya. Tapi ya masak sih Potret Wajah Indonesia: Plagiat Internasional. Yakin deh, itu gak keren men! Gak keren!
Education, start from your self. Coba deh mulai sekarang belajar jadi orang berpendidikan yang high quality, yang punya attitude yang baik gitu lhoh. Sambil kita belajar, sambil kita ngajak orang lain belajar juga, terutama adek2 kita.


Saran sih, sekaligus pembelajaran buat aku juga, ketika kalian publish sesuatu ke dunia maya, ke inet, pastiin kasi watermark kalo emang itu berharga buat kalian. Yaaaa, misalpun ga seberapa, kayak photo ku itu, tapi mending dikasi watermark or something like that lah,, biar jadi pembelajaran juga buat mereka2 yang suka comot2, biar ga bisa nyomot2 lagi.

Tapi semua itu beda sama shared object atau yang biasa di publish untuk bisa dipake publik secara gratis. Itu sih sah2 aja.

Coba deh kelakuannya dijaga, attitude itu penting lhoh. Apalagi kalo udah masuk ke dunia kerja. Originalitas sangat diperhatikan. Malahan aku diceritain temenku yang di India (kebetulan kemaren lagi maen ke Jogja), kalo di India sana, diluar negeri pada umumnya, kalian bisa dapet royalti dari karya yang udah dibuat. Itu tandanya ide kreatif dihargai banget disana, dan masyarakat sana respect sama karya original.
Inget ya,, berkarya juga ada tata kramanya. ;)

Segitu deh curcolnya aku kali ini. Semoga bermanfaat, dan
Semoga, para plagiat ato whatever it's named bisa sadar trus gak nyomot2 seenaknya lagi. Aamiinn.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. oiya.. semua itu ada #tatakrama nya,, apalagi Indonesia kan kaya budaya :D

      Hapus