Jumat, 01 Agustus 2014

Potret Wajah Indonesia: Vandalisme? Just Stop It!

Libur lebaran, gak kemana2, H+3 ke Klaten doank sih ketempat bude2. Itu juga pake macet,, masak Jogja-Klaten naek motor bisa 1,5 jam.?? Kalo normal udh bisa PP ituuu. *sigh
Beberapa kali pantau berita, ternyata banyak banget ya yang manfaatin moment ini buat liburan sekalian refreshing bareng keluarga ato temen. Seneng ya? Iyalah! Ada yang ke pantai, ke kebon binatang, ke obyek2 wisata lain juga ada, gak ketinggalan yang hobi naik gunung juga tetep eksis. Berhubung aku selo, banyak waktu dirumah, jadi ya sekali2 nonton tipi. Nah, kapan hari itu aku nonton acara Sebelas Duabelas dari KompasTV, seneng aja sih sama acara ini,, cucok banget bikin ngakak, kalo gak ya nonton SUCI Playground lumayan bikin pipi pegel ketawa mulu. Kemal lucu, Ernest juga lucu, apalagi Dodit, favorit banget lah. Emaap, jadi OOT nih.
Well, malem itu aku nonton Sebelas Duabelas episode Cara Berselancar, bintang tamunya Gemala Hanafiah, seorang Indonesian surfer gitu deeehhh. Waktu mau tidur, abis nonton acara itu, tiba2 aku keinget sesuatu. Sesuatu yang bikin bete kalo diinget, yaitu sesuatu yang merusak lingkungan. So that's why, kali ini aku mau ngebahas aksi2 jail yang bisa ngerusak sesuatu yang alami, terutama yang ada di alam, Vandalisme. Dan demi itu aku bela2in ngebukain satu2 semua dokumentasi travellingku.

Aksi vandalisme - BETEGE? ABeCeDe kaliii
Vandalisme itu arti sebenernya adalah budaya bangsa Vandal jaman Romawi Kuno yang melakukan perusakan yang kejam dan penistaan terhadap sesuatu yang indah. Tapi, di Indonesia vandalisme diartikan dengan perusakan dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (sesuai dengan KBBI). Bentuk nyatanya ya identik sama kegiatan coret2 ditempat umum, fasilitas umum atau penempelan stiker dan sejenisnya tanpa ijin. Intinya yang merusak keindahan dan mengganggu pandangan mata.

Buat orang2 yang hobi travelling di dalam negeri, pasti sering banget nemuin corat-coret gak jelas ditempat2 umum. Tulisan, nama, tanggal, inisal, ato segala macemnya itu. Gambar yang diatas, itu yang pertama diambil di ground puncak Paralayang Pantai Parangtritis, satunya lagi ditemuin di track Gunung Purba, Nglanggeran.

Kalian ngerasa gak sih, vandalisme itu nyebelin banget. Misalnya lagi dijalan, trus di pembatas jalan ato jembatan ada kampret alay yang nulis, ngelukis ato ngegambar apa yang gak jelas itu, ato misalnya lagi pengen foto di track pendakian, batunya gede, segede gaban dan bentuknya unik, trus sekelilingnya pohon cemara ato pinus, background juga epic, tapi ada coret2 pake pilox ato tipex dibatunya (disebut stipo pada jamannya, hahaha). Rasanya tuh pengen ngomelin abis2an sama yang nyoret2in.
Ya kali aja mereka yang nyoret2in tu udah poto duluan disitu sebelum beraksi nakal. Itu kan what the *sensored* banget. S*it banget men! Pikir aja deh, batu penanda Kenteng Songo yang ada di puncak Merbabu juga dicoretin tanpa ampun. Jadi wajar donk ya kalo aku ambil kesimpulan, kalian para kampret berjuang capek2an naik Merbabu cuma demi nyoretin Kenteng Songo dan segala macam batu2an plus pohon2an disepanjang jalan yang kalian temuin.?? Gak cuma itu, papan penanda puncak juga diperlakukan sama.?? Owww meeeeennnn.!!

Vandalisme di Gunung Merbabu
Nih, dibawah ini beberapa vandalisme yang aku temuin di hampir sebagian besar obyek wisata yang pernah aku samperin. Tapi jangan salah fokus ya. Foto2 dibawah cuma nunjukin kalo vandalisme itu masih eksis dimana2, misalnya di Tamansari, Puncak Suroloyo, Ketep Pass, Kedung Kayang, Grojogan Sewu, ato Karang2 di Pantai. Ajaibnya, vandalis2 itu bisa aja nyoret2 di tempat yang waow epic gitu.
Kalo kayak di tembok, batu, pohon kan udah mainstream ya, tapi kadang tu ada ditempat2 yang ga tau gimana caranya mereka bisa nyangkut kesono. Tapi tetep aja, apapun bentuknya, dimanapun lokasinya, VANDALISM IS NOT COOL AT ALL!!





Random Vandalism on Random Spot

Stop Vandalism!
Kelakuan vandalis ato lebih seneng kusebut sebagai kampret alay itu harus dicegah. Aku tau, itu memang berangkat dari diri sendiri, dari kesadaran masing2 kita untuk sama2 menjaga tempat umum maupun alam ini. Kayaknya nih ya, aksi vandalisme itu cuma karena mereka pengen diakui keberadaannya. Iya gak? Ato mungkin mereka pengen diakui keresmian hubungannya? X love Y, A love B, trus ada tanggal2nya gitu. Ga ngerti itu tanggal jadian ato rencana putus. Hahaha. Jahat ya omongan ku? Gak lah, masih lebih jahat mereka yang ngotorin tempat umum sama alam.

Aku nanya deh, emang orang2 bakalan kenal mereka yang coret2 itu? Emang mereka bakal dapet pujian gitu? Dapet award kek, dengan kategori "The Most Messy Guy" gitu? *haha, apadeh tulisanku*
Nggak mungkinlah.!! Yang ada kalian bakal kena omelan orang2 yang mencintai alam, orang2 yang menghargai keindahan. Camkan itu.!! *jengjeeeeeennngggg


Masih gak ngerti sama mereka yang suka coret2 asal dimana2. Padahal hampir setiap obyek wisata yang udah dikelola, biasanya ada papan himbuan sejenis2 begini nih. Tapi kenapa masih ada yang suka coret2. Kenapaaaaaa????
Misalpun gak ada papan himbauan ato petunjuk tata tertib pengunjung, trus tetep boleh coret2?? Ya gak lah.!! Menurut looooo??? >:|

Papan himbauan di Grojogan Sewu Tawangmangu
Tata Tertib Pengunjung Kawah Putih


Pengalihan Positif dari Vandalisme
Kalo pengen diakui, pengen tenar, pengen eksis, ada cara laen yang lebih keren. Dijamin.!! Ini lebih cool and more than just pretty awesome dari pada vandalisme. Caranya:

1. Setiap travelling, pastiin bawa kertas kosong + alat tulis (biasanya sih aku bawa board marker gitu)
Nih ya, kalian tulis aja sesuatu yang pengen kalian tulis di kertas itu. Abis itu, kalian foto deh. Ato kalo mau ya selfie aja sekalian sama tulisan itu, kan lagi tren tuh selfie2an. Cara ini biasanya dipraktekin sama pendaki2 gunung ketika mereka mau mengungkapkan sesuatu. Misalnya gak pede sama tulisan tangan sendiri yang kayak cakar ayam, bisa juga nyiapin ato bawa print2an dari rumah, tapi berdoa aja semoga gak luntur kena ujan. :p
Kreatif itu dengan cara gak merusak alam

2. Write it on the ground
Cara ini lumayan beken dan keren juga loh mamen. Aku gak bakalan ngatain orang2 yang ngelakuin ini sebagai alay ato ababil. Kenapa? Karena aku lebih appreciate ke mereka yang lebih milih nulis2 n gambar2 di tanah daripada di tembok, batu, dll pake tinta ato cat permanen. This way, more than just cool.!!
Try this as you wish.!! :)

Adekku - Ajari dan himbau mereka, setidaknya mulai dari orang terdekatmu
Nying2 lagi kangen sama pacarnya yang gak ikut ngetrip

Yah, sebagai orang yang sayang sama alam, yang suka berbagi waktu dan menikmati alam, aku cuma bisa nulis, cuma bisa menghimbau. Semuanya tetep kembali ke pribadi masing2. Kita sadar donk, pilox, tipex dan sejenisnya itu gak ilang walopun diguyur air ujan. Jadi ya semoga aja gak ada lagi vandalis di dunia ini. Kasian temenku ini nah.

Meme ala Monyet buat Kampret Alay
Pesen aja dari aku buat yang udah mau ngeluangin waktunya baca postinganku ini:
*Bagi kalian yang pernah melakukan vandalisme dimanapun, kapanpun, pas kalian baca ini, pliiiissss banget, jangan pernah lagi ngelakuin itu. Gak bakal ada untungnya. Gak bakal diakui juga sama orang2 disekitar kalian. Gak bakal tenar juga. Udah deh, percuma.!! Sayangi alam mamen.

*Nah, bagi kalian yang belum pernah jadi vandalis, thank you so much, cause we're in the same side dan jangan sekali2 kepikiran buat ngelakuin itu. Vandalism is not worth to try.!!

Semua ada tata kramanya, termasuk berkunjung ke suatu tempat yang bukan milik kita, ibaratnya bertamu. Gak mau donk kalo si empunya rumah tiba2 ngamuk sama kita yang lagi bertamu.?

Thanks for you who care about this earth. One step forward is better than do nothing.
Keep Awesome and Stop Vandalism 8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar