Selasa, 08 Juli 2014

Berbackpacker Trip to Dieng Plateau

Berbackpacker itu isinya anak2 yang hoby travelling, backpacking, touring, hiking ato segala sesuatu yang berbau dolan. Naik sampai ke puncak Gunung Prau aja belum cukup, hari masih siang, tenaga masih ada, cuaca cerah, dan berhubung ada di Dieng, sekalian aja ke obyek wisata yang ada di Dieng Plateau. Dari masjid besar tempat kami singgah, naik motor sekitar 15 menit ke arah timur. Tibalah kami di pintu masuk DIeng Plateau. Bayar tiket terusan IDR 20,000/ orang dengan 4 obyek wisata, Kawah Sikidang, Telaga Warna, Komplek Candi Arjuna dan Dieng Theatre. Sebenernya bisa sih gak usah paket terusan, tapi udah terlanjur,, yaudah lah. Here we go....

Telaga Warna
Tujuan pertama kami langsung ke Telaga Warna. Abis parkir motor n nitip carrier kami jalan masuk lewat pintu gerbang satu2nya. Baru masuk kami disambut sama bunga *aku gak tau namanya*, warna-warni, bagus, bergerombol gitu, ada banyak disepanjang jalan menuju kawah. Begini nih penampakan bunganya.

Bunga *I don't know what it's named :
(Sekarang udah tau! Coba cek notes diakhir post ini)
Ditelaga ini, airnya bisa berubah warna, karena kadar sulfurnya yang beda2. Dibagian pinggir putih kecoklatan, agak ketengah sedikit biru-hijau tua, semakin ketengah jadi hijau menyala. Tapi bisa juga ganti2 warna, tergantung dari sinar matahari. Hwaaaaaaahhhhhhh.. Subhanallah keren pokoknya..

Telaga Warna, Dieng Plateau
Goa Jaran, Telaga Warna
Di area Telaga Warna ini juga ada beberapa goa, lo lo, gua gua. Emaap. Bukan itu maksudnya. Jadi beneran ada beberapa goa disekitaran telaga ini, there are Goa Sumur, Goa Jaran dan Goa Semar. Ada arca2 didepan goa, tapi pengunjung dilarang masuk ke area goa, udah dibuat pagar pembatas soalnya. Ga usah disuruh masuk juga aku ga terlalu minat masuk sih, suasana mistisnya berasa bingit. Ciyus deh!

Sebelum balik, kami2 sempetin buat foto di cabang pu'un yang menjorok ke telaga. anak2 pada poto ampe ke ujung ononye,, aku sih ya, berhubung kaki mulai rada ngilu lagi, berdiri juga udah susah seimbang, nah dari pada kecebur mending aku motoin tingkah mereka aje dah.

Ridho - Telaga Warna, Dieng Plateau

Kawah Sikidang
Next destination adalah Kawah Sikidang. Dari telaga warna naik motor sekitar 5-7 menit lah. Menuju kesana, kami mesti lewat daerah pengolahan PLTU.
kami lewat disuatu kawasan yang disono ada semacam giant pipe yang ditulisin "Pipa Uap Panas". Mungkin situ adalah jalur distribusi dari sumber uap panas ke pembangkit PLTU kali yak.

Sampai di area parkir bau belerang mulai mak sreeeennngggg... Lumayan tajem juga!
Kami jalan lewat jalan setapak yang ada, ada beberapa kios pusat oleh2 khas dieng, ada juga seniman jalanan dengan lagu daerah yang mengalun syahdu *halah, sok puitis lo Lip!
Makin mendekat ke kawah bau belerang makin syalalalala. Disarankan (wajib sih menurutku) pake masker. Kalo ga bawa sendiri, disekitar sini juga banyak yang jual kok, tapi kurang tau berapa duit.

Erick - Kawah Sikidang, Dieng Plateau
Sampai di bibir kawah yang udah dipagarin bambu, ternyata rame banget pengunjungnya, kami gak jalan jauh2, udah males, lagian bau belerangnya ampun deh, gak tahan banget. Nah iya, waktu jalan menuju bibir kawah, kita kudu ati2, jangan sampai nginjek yang becek2, soalnya tanahnya rapuh dan gampang longsor (katanya), tapi yang pasti dilubang tanah becek itu bekas kawah, dia basah gak cuma basah doank, tapi air mendidih. Trus sempet kepikiran, misalnya bawa telor ayam tinggal taro diatasnya doank bisa matang kali yak. Kalo gak ya bawa kentang gitu, xixixi.

Sedikit info ya, Kawah Sikidang ini punya dapur magma di dalam perut bumi di bawahnya. Dapur magma ini menghasilkan panas dan energi dengan tekanan yang lumayan kuat. Kalo tekanan ini mencapai puncaknya, maka akan terjadi letusan dan terbentuk sebuah kawah baru. Sounds cool. Makanya, di area wisata kawah ini pengunjung dilarang menyalakan api, ngerokok ato ngebuang puntung rokok. Kenapa? Ya pokoknya gitu aturannya, bahaya pokoknya. Ga percaya? Coba aja buktiin ndiri. :p

Kawah Sikidang, Dieng Plateau
Berbackpacker - Kawah Sikidang, Dieng Plateau
Baru bentar di sekitar bibir kawah aku udah ga tahan sama bau belerangnya, aku mulai rada pusing dan sedikit mual, trus aku menjauh aja dari kawah, abis tu langsung balik ke area parkir lagi. Kami sempet mampir duduk2 bentar disekitaran kios2 penjual oleh2 itu. Sambil minum, sambil liat2 oleh2 yang dijual. Banyak juga penjual bongkahan belerang ato yang udah bentuk bubuk. Katanya sih berkhasiat buat kesehatan kulit, misalnya menghaluskan kulit ato ngilangin jerawat. Heeemmmm,, gak pengen nyoba sih kalo aku. Hahaha.
Habis bayar parkir IDR 2,000 kami meluncur ke Candi Arjuna. Semoga menemukan penjual makanan disana, karena perut mulai melantunkan musik keroncong. XD

Candi Arjuna
Last but not least, yep, ternyata ini tujuan terkahir kita, karena abis dari kompleks candi ini kami langsung capcus pulang. Jadi, begitu sampai di area parkir Candi Arjuna kami merapat ke salah satu warung makan disana. Pesen menu standar, nasi goreng (gak pedes). Gak lama makanan datang, kami terus makan, habis makan kami masuk ke area candi, tapi gak lupa buat nitip carrier di warung itu *lumayan, biar bisa jalan2nya enteng, trus nitip gratis pula, wkwkwk.

Berbackpacker - Area Candi Arjuna, Dieng Plateau
Masuk ke area candi, kiri kanan penuh taman, banyak tanaman cemara sama bunga2an yang sama sekali aku gak ngerti namanya. Bukannya apa2, aku emang gak ngerti nama bunganya! Ada sih beberapa yang aku pernah liat sebelumnya, kayak Bougenville, Sepatu, dan beberapa bunga yang familiar tapiiii ..... *tetep gak tau namanya -____-" Oke, nevermind, that's not a big deal.

Sebelum sampai di candi, ada beberapa ladang yang ditanami wortel, dan hawanya tuh dingiiiinnnn, sejuuuukkkk, enak banget. Udaranya bersih pula. Jalan santai, sambil foto2, akhirnya sampai juga di lokasi candi. Rame! Ternyata lagi ada upacara agama atau mungkin sembahyangan umat Hindu sekitar candi. Tapi jadi seru aja gitu berasanya.
Candi Arjuna, Dieng Plateau
Kita puas2in banget nih di tempat sini, rumputnya rapi hijau membentang, malah kita foto2 ampe tidur2an di rumput, hahaha. Perhatikan sekitarnya, pegunungan dan bukit membentang hijau kebiruan. Semakin siang menjelang sore kabut semakin turun, sedikit mulai agak gerimis. Tapi kami masih betah main2 disitu. But it worth to try. Dijamin, gak nyesel.
Ini, keseruan kita berbagi waktu dengan alam dan sahabat *ceillleeeeee, sok iye nih. Semua foto2 yang berempat taken by camera on it's own way, pake timer, pake ganjel sarung tangan dan gak pake tripod :D

Such a random, Kamehameha - Candi Arjuna, Dieng Plateau
Berbackpacker ala boiben - Candi Arjuna, Dieng Plateau
Candi Arjuna, Dieng Plateau

At last, berakhirlah keseruan mbolang kami kali ini.
Sekitar jam 5 sore kami meluncur dari Dieng, gak lupa mampir buat beli Carica. Mampir berenti sholat Maghrib di daerah Temanggung, sekitar jam 7an. Dijalanan ngantuuukkkk banget, dan laper, akhirnya mampir makan di warung bakso di daerah Magelang, sempet ketiduran gara2 nunggu pesenan bakso. Alhamdulillah selamat sampai rumah jam 10an malem.

Dalam menyambut bulan Romadhon 1435 H, kami bakalan break beberapa waktu, sambil menghimpun tenaga, menghimpun dana dan menghimpun rencana selanjutnya. See you on next trip!
Salam Rindu, Pejalan!
Berbackpacker - Candi Arjuna, Dieng Plateau

NB.
Ada koreksi nih dari sahabat yang nun jauh di Brunei sana.. Jadi, bunga yang lucu bulet2 ngumpul2 bergerombol itu (gambar pertama/paling atas di post ini) namanya bunga Hortensia alias Hydrangea.