Minggu, 02 Juni 2013

Wisata Kuliner di Solo

Wanita, itu suka sama yang namanya jalan-jalan, belanja, dan makan-makan. Hari ini kami liburan ke Solo, sebenernya kalo cuma dari Jogja ke Solo bukan liburan sih, cuma jalan-jalan aja. Terang aja, jarak Jogja-Solo cuma sekitar 60km, trus kami juga naik kereta, jadi ya sekitar 1 jam perjalanan. Liburan kali ini bukan masalah jarak tempuh, tapi lebih ke sensasi nyari makanan khas aja sih.

Meeting point di Stasiun Lempuyangan Jogja jam 09.30, kami pilih kereta Madiun Jaya jam 09.55. As always yaa,, aku kan paling malas yang namanya harus in time, jadi ya maap, pas kereta udah dibilang baru tiba, saat itulah aku baru tiba di stasiun juga. Salmon, Fifi, Niki n Yuli udah panas-dingin gitu nungguin aku, secara yang booking tiket kan aku, jadi ya tiketnya aku yang bawa, haha (maap yaaa).

Tiket Kereta Madiun Jaya - PP

Begitu aku datang, langsung aja kami masuk stasiun dan langsung berdiri disamping rel keretanya, nunggu keretanya berhenti, kami naik, and here's the adventure begun.

Sekitar 1 jam dikereta, akhirnya kami sampai di stasiun Balapan Solo. Pita udah nunggu kami di pintu keluar, langsung aja, kami cari taksi dan menuju tempat pertama, warung Vien's yang menjual Selat Solo.

Inside a Taxi, Solo

Sampai juga di Vien's, rameeeeee banget tempatnya, kami harus nunggu beberapa menit sampai akhirnya dapat tempat duduk. Berhubung udah duduk, kami pesen deh, masing-masing pesan Selat Daging. Penyajiannya tergolong cepat, karena semua bahan udah siap dan tinggal dirangkai aja di dalam piring, kemudian di tuang saus selatnya, siap dihidangkan deh.

Selat Solo

Session pertama selesai, masih di Vien's juga, kami pesan Sup Matahari.
Ini khas Solo juga lhoh, kalo ada yang nikahan, biasanya Sup Matahari ini menjadi salah satu menu sajiannya. Enak, yummy, segar rasanya, dan kamipun sukses kekenyangan :D
Oh iya, harga makanan yang dijual di Vien's lumayan murah lhoh, untuk 1 porsi Selat diharga Rp. 7.500 dan untuk Sup Matahari diharga Rp. 6.500

Sup Matahari

Back to nature ya, karena kami wanita, jadi ya tujuan selanjutnya adalaaaaahhhh Solo Paragon Mall, haha. Dari Vien's ke Solo Paragon sekitar 5-10 menit, sengaja sih, karena kami hanya mengandalkan taksi, jadi ya ga mau terlalu jauh. Keliling-keliling, keluar masuk butik, distro dan outlet, ada yang beli sepatu, beli baju, asesoris, adaaaa aja pokoknya. Sebelum dari Paragon, kami mampir ke Toys Kingdom, maklum lah, di Jogja ga ada. Disini aku hampir kalap, liat HotWheels yang buanyak banget, ada juga RMZ City dengan koleksi terbarunya. Akhirnya aku milih untuk beli RMZ City, Mini Cooper S dan Chevrolet Corvette.

RMZ City - Chevrolet Corvette & Mini Cooper S

Sekitar jam 15.00 kami mencari taksi untuk ke stasiun, karena kami harus beli tiket untuk balik ke Jogja. sampai di stasiun, ternyata tiket belum bisa dibeli, akhirnya dengan diantar si sopir taxi kami ke daerah sentra produksi oleh-oleh khas Solo, yaitu Srabi Notosuman. Masing-masing kami beli 2 box serabi campur, satu box serabi campur diharga Rp. 21.000.

Solo Paragon Mall

Setelah beli oleh-oleh, kami kembali ke stasiun untuk membeli tiket kereta. Alhamdulillah, akhirnya dapat juga tiket Madiun Jaya jam 17.02 dari Solo. Satu tiket seharga Rp. 20.000. Karena lapar, dan sambil nunggu jam keberangkatan kereta, kami makan di warung Ayam Kampung Bu Better di samping Solo Paragon. 1 ekor ayam utuh diharga Rp. 70.000.

Selesai makan, kami langsung menuju stasiun Balapan, sekitar 15 menit menunggu di stasiun akhirnya kami kembali ke Jogja. Hari yang melelahkan, tapi menyenangkan. :)