Kamis, 10 September 2015

MnL Projects #1 : Swimming Like A Jellyfish at Umbul Ponggok

Mengawali proyek besar di bulan September Ceria ini, aku pilih weekend pertama untuk main air. Filosofi air membawa ketenangan, mendinginkan suasana, jadi pas banget lah yaa. *sok banget sih ah. So, dipilihlah Umbul Ponggok, Klaten. Rencana yang lumayan dadakan, soalnya kemaren ada wacana mau gathering anak-anak kantor ke kebun teh, tapi diundur tanggalnya. Ya sudah, melipir sendiri aja bisa kok.


Sabtu, 5 September 2015

Rencana jam 7 habis anter Ama sekolah mau langsung jemput Ula, tapi berhubung masih prepare jadinya Ama dianter Mama, dan aku mesti nunggu motornya pulang sambil packing. Akhirnya jam 8 pagi baru jemput Ula ke kos.


Perjalanan ke Umbul Ponggok dari Jogja sekitar 1,5 jam lewat Jl. Solo – Prambanan – Klaten, nanti di pertigaan samping Kantor Gubernur kita ambil jalan lurus ke arah Jl. Merbabu, pertigaan kedua belok kanan ke arah Ngawen – Ngupit menuju Jl. Klaten Jatinom. Sampai di pertigaan (atau mungkin perempatan) Jatinom kita kekiri teru ke kanan arah Boyolali. Masih lurus terus sampai nanti ketemu Kantor Kecamatan Majegan, kita belok kanan. Jalannya kecil, kayak mau masuk kampung, kanan-kiri ladang, tapi itu jalan tembusan untuk sampai ke Dusun Ponggok. Mentok sampai pertigaan jalan besar, belok kiri. Sampai. Gampang kan?!

Gerbang Umbul Ponggok, Klaten

Sebenarnya bisa lewat jalan raya Jogja – Solo atau jalan Klaten – Boyolali (via Jatinom), tapi karena aku termasuk rada akamsi di Klaten, jadinya ya aku pilih lewat dalam perkampungan. Pertama jarak lebih deket, jalanan sepi gak banyak bus atau truk besar dan pastinya hawa sejuk, teduh, kiri-kanan sawah. Lebih nyaman dan pastinya bisa bener-bener menikmati pemandangan selama perjalanan.


Sampai di Umbul sekitar jam 09.30 dan langsung parkir motor. Waktu jalan ke loket tiket keliatan suasana udah lumayan rame pengunjung yang baru datang atopun yang udah nyemplung ngapung-ngapung di air. Bayar tiket masuk per orang IDR 8,000, abis beli tket bukannya langsung masuk, tapi malah melipir ke seberang jalan untuk laminating HP. Hah? Laminating HP? Iya, biar bisa dipake poto-poto di dalem air. Sebenernya aku udah punya waterproof case, tapi kok meragukan. Lagian rekomendasi dari temen juga mendingan di laminating kalo mau dipake nyelam. Oke deh. Laminating jadi pilihan utama.

Pemandangan setelah pintu masuk - Umbul Ponggok

Begitu udah masuk, kita langsung disuguh kolam renang bening dan luas. Semakin ga sabar buat nyemplung, tapi sebelumnya mampir dulu ke tempat penyewaan alat snorkeling (mask + snorkel). Di tempat penyewaan itu juga disediakan life vest, sepertinya juga ada fin, soalnya aku lihat beberapa orang renang pakai fin. Harga sewa masih standar dan ga terlalu mahal menurutku, untuk sewa mask + snorkel dipatok IDR 13,000 sedangkan life vest IDR 7,000. Bisa disewa terpisah, jadi ga harus sepaket alat snorkel + life vest.
The next is, ke tempat penitipan barang buat nyewa locker. Kemarin aku sewa 1 locker buat barengan sama Ula, biayanya IDR 3,000/locker. Sambil nunggu Ula ganti baju, aku beberes barang dan menyimpan semuanya jadi satu biar aman.


Jalan di pinggir kolam sambil nyari tempat yang kece untuk mulai turun ke air. Dipilihlah tenda dengan kursi plastik di samping kolam renang anak. Abis naro sandal, kami stretching dan warming up. Penting loh.! Biar gak kram waktu nanti renang (padahal sih ga renang, cuma ngapung-ngapung doank, hihi).
Kami milih spot di dean kolam anak, nyari yang ada pegangan di pinggiran kolamnya. Pertama, duduk dipinggiran kolam, kaki dulu yg nyemplung. Udah sekitar 5 menit, suhu badan udah mayan bisa menyesuaikan, barulah,, byuuurrrr..
FYI aja yah, air kolamnya mayan dingin walopun hari udah siang.

Testing underwater photo - Umbul Ponggok
Belum berhasil wefie underwater - Umbul Ponggok

Ula udah berenang-renang kesana, sementara aku masih sok sibuk setting kamera HP. Cahaya di atas sama di dalam air jelas beda, jadi mesti di setting manual semuanya, mulai dari white balance, exposure, bahkan sampai ISO nya. Dirasa udah oke, mulailah hunting di dalam air. Tapi masalah lain muncul, ternyata layar HP ku ini sensitive banget, jadi dia ga mau di touch pas udah di dalam air. Cara satu-satunya adalah, timer. Sebelum dibawa nyemplung ke air, di touch dulu deh. Hahaha..
Belum lama ngapung-tenggelam-ngapung-tenggelam aku udah kedinginan akut, padahal baru jam 11 siang. Akhirnya aku sama Ula milih untuk keluar dari air dan nyari makanan buat ngangetin badan. Di sekitar pinggiran kolam banyak orang buka warung jual makanan. Mi instan, mi cup, gorengan ato minuman anget. Harganya juga gak mahal kok, gak terlalu komersial banget, masih harga normal kayak di warung burjo di Jogja. Aku pesan Indomie rebus pake telor plus Goodday Chococcinno anget. Sambil nunggu pesanan aku nyemil beberapa gorengan.


Sesaat kemudian badan udah anget dan siap buat nyemplung lagi ke air. Sekarang balik lagi ke tempat penyewaan alat renang, aku sewa life vest. Ternyata lebih enak pake life vest biar tetep ngapung tanpa harus mikir takut tenggelam. Lebih bisa menikmati pemandangan bawah air deh jadinya. Halaasssaaaannnn.. Bilang aja tadi hampir kelelep berapa kali.
Ya aku sih ga bisa renang, sok aja dikasi judul swimming like a jellyfish, orang renangnya tangan-kaki gak singkron :D

Groufie ikan-ikan kecil - Umbul Ponggok
Ula - Umbul Ponggok
Akuuu. Hidungnya penuh air - Umbul Ponggok


Berhasil gak berhasil, foto-foto ini asli hasil jepretan ku sama Ula gantian. Kalo foto absurd (aka photo landscape, ikan, dll) itu kerjaan iseng tanganku. Kadang juga selfie berdua walaupun fokusnya kamera ntah dimana. Hihi.. Lumayanlah, dari pada mesti sewa kamera underwater. Sebenernya sewa kamera juga gak terlalu mahal, dipatok harga IDR 60,000 /30 menit atau IDR 100.000 /1 jam. Tapi yaaa, sekalian ngetes kualitas kamera HP lah yaa, pake yang ada aja.


Sekitar jam 1 siang ditelpon Mama, HP juga udah lowbatt, akhirnya kami keluar dari air dan bersih-bersih badan di kamar mandi di sekitar kolam.
Udah rapi, waktunya kembaliin alat yang disewa tadi. Oiya, nota peminjaman jangan ilang ya, soalnya itu dipakai buat pengembalian sekalian sama ngambil kartu identitas yang dipake buat jaminan.


Sebelum balik ke Jogja, ga afdol kalo ga mampir makan Sop Ayam Pak Min Klaten. Ga lupa juga buat mampir beli Serabi Notosuman kesukaan Mama.

Sampai Jogja udah jam 4 sore dan langsung ke Gejayan buat jemput Ama.

Total Pengeluaran:
-          Parkir motor                                 : IDR 3,000
-          Laminating HP                             : IDR 15,000
-          Tiket masuk Umbul                     : IDR 8,000
-          Sewa alat snorkel                         : IDR 20,000
-          Sewa locker                                 : IDR 3,000
-          Makan mie, gorengan + kopi       : IDR 9,500
-          Makan Sop Ayam                        : IDR 12,000
-          Bensin Jogja-Ponggok (PP)         : IDR 20,000 (pertamax)

                                          TOTAL     : IDR 90,500


Photo collection:


Wefie - Umbul Ponggok
Wefie - Umbul Ponggok
Underwater photo - Umbul Ponggok
Ula's underwater photo - Umbul Ponggok
MeOMe underwater photo - Umbul Ponggok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar