Jumat, 21 Agustus 2015

Get Lost in Bandung with Klikhotel.com

Jeda waktu dua bulan setelah resign dari kantor lama ke kantor baru emang paling asik ngabisin waktu buat traveling. Sebulan pertama udah dipakai untuk ngubek-ngubek Jogja, menelusuri setiap sudut kota, sisanya ya pasti buat mencari pengalaman baru dan pulang ke rumah orang tua di Sumatera.
Sebelum membuat itinerary (catatan perjalanan) pastilah kita tentuin dulu kemana tempat tujuan dan obyek wisata apa aja yang bisa dieksplor. Hal lain yang gak kalah penting nyari transportasi dan akomodasi selama di tempat tujuan. Apapun konsep traveling yang kita anut, tetep aja yang namanya tempat penginapan tu penting banget, secara gak mungkin kita nginep di emperan toko, apalagi buat backpacker wanita. Kenyamanan tubuh pas istirahat patut diperhatikan, tapi yang paling diprioritaskan udah pasti keamanan buat diri sendiri maupun barang yang kita bawa.

Setelah browsing sana-sini didapatlah informasi yang lumayan lengkap untuk tujuan traveling kali ini, Bandung.! Mulai dari obyek wisata, angkutan umum (angkot dan bus) yang murah meriah dan yang pasti penginapan low cost yang cocok buat konsep backpacker. Sayangnya dari sekian banyak hasil browsing waktu itu belum ada yang cocok. Sampai akhirnya aku nemu sebuah postingan yang menceritakan pengalamannya nginep di Pinisi Hostel Bandung, abis browsing-browsing trus didapatlah KlikHotel.

Salah satu FO di Jl. Riau, Bandung

Langsung aja meluncur ke klikhotel.com dan mencari PinisiHostel untuk tanggal yang ku pilih. Waktu itu tampilan webnya belum seperti sekarang, dengan tampilan yang lebih simple tapi gak kalah user friendly kayak yang sekarang kita lihat. Kalo misalnya mau cek hotel apa aja yang bisa dipesan via klikhotel.com dan berapa rate tarif hotel yang disediakan oleh klikhotel, cukup dengan beberapa langkah mudah.

Nah, pas udah kebuka websitenya klikhotel.com kita tinggal input kota tujuan, tanggal menginap sama berapa lama kita menginap, tinggal klik search aja deh. Abis itu bakalan keluar puluhan, bahkan ratusan pilihan hotel di Bandung mulai dari yang tarif backpacker sampai hotel bintang lima juga ada. Lengkap! Kita bisa piliih sesuai kantong masing-masing. Klik aja deh nama hotelnya, nanti disitu bakal muncul daftar kelas-kelasnya dengan harganya, trus juga lokasi dan alamat hotel, lengkap dengan foto, review, fasilitas dan ketentuan kebijakan hotel. Pilih jumlah kamar yang mau dipesan, input data identitas, trus tinggal kita bayar dan selesaikan transaksinya. Selesai.

Semuanya gampang dan jelas banget langkah-langkahnya. Gak pake ribet, gak pake lama. Pilihan pembayaran transaksi juga bermacam-macam bank, gak diwajibkan pakai kartu kredit pula. Asik lah pokoknya. Oh iya, dari sekian banyak website penyedia jasa pemesanan hotel waktu itu, cuma di klikhotel.com aku bisa menemukan Pinisi Hostel dengan pembayaran tanpa kartu kredit. Itu kan membahagiakan kaum backpacker banget. Totally pelayanan klikhotel memuaskan, karena aku juga sempet chat dengan CS nya, ternyata ramah dan sigap dalam menjawab pertanyaan konsumen.

Just info ya, di website Klikhotel user juga bisa memanfaatkan beberapa filter waktu searching hotel. Misalnya rate tarif, jumlah tamu, kelas hotel (based on stars), tipe penginapan, bahkan sampai jumlah review yang masuk ke hotel itu.
Buat aku pribadi, review seseorang itu sangat berpengaruh buat kita calon tamu. Kalau review banyak yang negative, pasti kita bakal mengurungkan niat untuk menginap disana meskipun harganya murah. Tapi kalau review dari pengunjung lain itu lumayan positif, pasti kita bakalan milih penginapan itu walaupun harga sedikit agak mahal. Jadi misalnya kita mau review sebuah tempat, apapun itu, usahakan se-fair mungkin, jujur se jujurnya berdasarkan pengalaman dan yang kita rasakan.
Ngomong-ngomong soal review, ini review yang pernah aku tulis di klikhotel.com sekitar hampir dua tahun yang lalu. Udah lama banget ya? Gapapa lah. Hehe..

Review Pinisi Hostel di klikhotel.com

And now, kalau ditanya kenapa pilih Pinisi Hostel.? Jujur, pertama kali aku langsung tergiur dengan tarif yang super murah dan review yang positif dari beberapa konsumen di klikhotel.com. Lihat foto-fotonya juga lumayan bagus, bersih plus terawat. Dan semuanya itu terbukti ketika aku sampai di Pinisi Hostel

Sampai di Bandung waktu subuh, tapi aku langsung jalan ke obyek wisata di daerah Ciwidey sampai sore banget yang ngebuat aku sampai di Pinisi Hostel waktu hari udah gelap. Begitu sampai di resepsionis, aku menunjukkan print out bukti booking dan ID Card (KTP), gak pake nunggu lama, buat cek validitas data trus langsung aja deh dikasi kunci locker, makanan instan buat breakfast dan ditunjukin letak kamar. Aku pilih yang kelas Female Bunk Bed, khusus untuk perempuan. Beruntung banget, kamar dalam keadaan kosong, jadi berasa penguasa kamar, haha. Untuk tempat tidurnya, bunk bed, yaitu kasur tingkat ala asrama. Beruntungnya kasur dari busa dipadu dengan dipan yang terbuat dari kayu, jadi gak takut dan gak bunyi “krit-krit” waktu dipakai. Selimut juga hangat. Dan di dalam kamar ada kipas angin.

Lokasi yang strategis bikin aku gampang buat nyari hostel ini atopun nyari tempat makan, ada pedagang kaki lima disekitar situ. Untuk akses angkutan umum (angkot) juga gampang banget, tinggal keluar ke jalan raya sekitar 200-300 meter. Pinisi Hostel punya kamar mandi yang bersih, lantai gak licin, trus juga disediakan sabun cair, shampo untuk bersama. Toilet menggunakan closet duduk, dan kita mandi pake shower. Ada air hangat juga loh. Sayangnya kamar mandi ini agak terlalu sempit menurutku, jadi terbatas ruang geraknya. Tapi overall udah OK banget.

POS INDONESIA, Bandung
FO Sekitar dan Access ID Pinisi Hostel (diambil dari postingan lain di blog ini)

Di Pinisi Hostel tamu bebas untuk mengambil air minum. Disana disediain dispenser air panas, air dingin dan air biasa. Teh, gula, kopi dan creamer juga selalu tersedia dan siap dikonsumsi semua tamu hotel setiap saat. Dengan adanya fasilitas ini, kita bisa menghemat biaya konsumsi air dengan cara mengisi penuh botol minuman sebelum kita keluar jalan-jalan, hehe..

Besok harinya waktu buka jendela, udara berasa sejuk banget karena banyak pepohonan disekitarnya, trus setelah mandi aku jalan ke sekitaran Dago. Saking asiknya jalan, pake acara nyasar, salah angkot, kehabisan bus, dan juga karena hujan sih, akhirnya aku baru nyadar kalo itu udah jam 4 sore. Jadinya yaaa, pas sampai di hotel lagi udah jam 5 sore, secara kereta berangkat jam 7 malam. Dijalan aku udah kepikiran kalo bakalan kena charge karena batas waktu check out jam 12 siang. Tapi ternyataaaaaaa,, pas aku kembaliin kunci ke resepsionis mereka gak minta tambahan dana sepeserpun sebagai charge. Alasannya, karena semua barangku udah dipacking rapi di dalam carrier dan ditaro dilocker, jadi sewaktu-waktu room boy mau bersihin kamar ya tinggal bersihin aja. Lagipula hari itu gak ada tamu lain yang check in, jadi emang gak buru-buru. And you know what, resepsionisnya baik, ramah dan sigap banget. That was just my lucky day ;)

So, itu pengalamanku nginep di Pinisi Hostel yang dibooking via klikhotel.com. Nah, buat kalian yang mau ke Bandung dengan low budget, ini hostel recommended banget, dan jangan lupa, bookingnya lewat klikhotel.com yaaa..

Female Bunk Bed Room at Pinisi Hostel, Bandung - Berantakan, abaikan :p

Notes:
Beberapa waktu lalu aku sempat ada rencana mau ke Bandung lagi, waktu aku cek di klikhotel.com, ternyata sekarang ada 2 low cost hotel dengan nama Pinisi, yaitu Pinisi Hostel di Jalan Halmahera dan Pinisi Backpacker Hostel di Jalan Pasir Kaliki. Ntah mereka ini masih satu manajemen atau gimana, aku gak tau.
Pinisi Hostel yang aku review based on pengalamanku ini adalah Pinisi Hostel di Jalan Halmahera.
Jarak antara kedua hostel ini sekitar 5km (aku cek di google map), jadi buat yang mau booking, coba diteliti lagi, jangan sampai salah hostel yah..