Selasa, 28 April 2015

mBantulisasi Berbacpacker Di Sendang Ngembel dan Air Terjun Pulosari

Seminggu setelah hari bahagianya, Om Aong mlivir alus seorang diri ke Jogja. Ga tau apa motivasinya, tapi yang jelas kita-kita mau kondangan ke resepsinya Mpep yang diadain hari Sabtu.

Minggu, 8 Maret 2015
Dek Dini baru KKN di Ringinharjo, Bantul. Niat kakak-kakak ganteng cantik nan baik hati ini mau jenguk adek kesayangan. Prosesi jemput-menjemput telah selesai, dan kami langsung menuju Desa Ringinharjo, Bantul yang bisa ditempuh lewat Ringroad Selatan dan belok ke selatan di perempatan Dongkelan (Jl. Bantul). Terus ke selatan sampai ketemu Masjid Agung Bantul, kita belok ke barat arah Pandak. Setelah ketemu 1 perempatan lampu merah, di perempatan berikutnya kita belok ke kiri sampai ketemu desa Ringinharjo yang ada lapangannya, kita belok ke kanan. Tak jauh dari situ, sampailah di Posko KKN. Tapi ternyata dek Dini masih ada bakti sosial, jadi kami nunggu lumayan agak lama.

Dek Dini datang. Abis ngobrol, haha-hihi cemal-cemil, kami mau lanjut ke tempat wisata disekitar situ. Motivasi awalnya kami nyamperin ke posko KKN tu biar dek Dini bisa ikut piknik, tapi ternyata siangnya dia ada penyuluhan di Balai Desa. Oke. Skip ya dek.!! :D

Dari lokasi KKN di Ringinharjo, kami mampir makan di warung soto, dan setelah itu langsung menuju Pajangan. Ini usul dari dek Dini untuk main ke Sendang Ngembel. Berhubung kita semua belum pernah, yasudah, bolehlah dicoba. –skip rute perjalanan, karena jujur, aku lupa, dan lagi waktu itu nyasar-nyasar banget–

Om Aong
Sampailah kami Sendang Ngembel. And this is not what am I expected.!!
Katanya ini adalah mata air. Tapi menurutku lebih mirip kubangan atau empang yang agak sedikit bau, lumut yang tumbuh subur di kolam dan daun-daun kering sebagai toppingnya. Tapi itu rame banget pengunjungnya.!! Gak ngerti kenapaaaa..
Anak-anak yang lain ngajakin foto di batu tengah kolam, tapi aku sama sekali ga excited, akhirnya ga ada yang ke tengah juga. Berhubung udah sampai disana, udah bayar parkir juga, akhirnya kita cuma foto-foto dikit di tepian empang. Kecewa? Jelas! Setelah take photos, kami langsung cabut, balik ke parkiran. Alhamdulillah, disitu ada papan penunjuk lokasi wisata lain disekitar situ, maka dipilihlah Air Terjun Pulosari.

Berbackpacker at Sendang Ngembel, Bantul
I n Ida at Sendang Ngembel, Bantul
Sesuai peta, dari Sendang Ngembel keluar sampai ketemu pohon beringin belok kiri. Lurus terus sampai ketemu perempatan yang ada Patung Semar, belok lagi ke kiri, nanti penunjuk jalan menuju Pulosari mulai terlihat. Jalanan dari batu yang dipadatkan, sempit, kalau papasan sama mobil harus ada yang ngalah dan super menepi salah satunya. Perjalanan ditempuh sekitar 10-15 menit.

Diparkiran, pengunjung yang membawa mobil bisa diitung dengan jari, waktu itu ada 3 mobil termasuk mobil kami, sisanya motor berderet rapi. Dari area parkiran kita mesti turun ke jurang untuk bisa menikmati pemandangan (atau mungkin sekalian mau mandi). Akhirnya sampai juga di air terjun yang sudah ramai putri duyung berenang, meskipun kita mesti menapaki texture jalan setapak bertangga sekitar 10 menit.

Berbackpacker at otw Air Terjun Pulosari, Bantul
Air Terjun Jurang Pulosari


This place was much better than before. At least gak mengecewakan banget lah. Mungkin hari itu kita memang lagi mati gaya dan sedikit bad mood karena dek Dini akhirnya ga jadi ikut, atau mungkin bete karena ternyata tempatnya ga sesuai ekspektasi kita. Berusaha mencari spot yang oke untuk sekedar mengambil landscape atau ber-groufie ria. Tapi itu sauwlit. Terlalu crowded. So, hanya ini hasil piknik kecil-kecilan kita.

Baru sebentar langsung cabut dan memilih untuk mencari keseruan di Pasar Ngasem sambil nunggu dek Dini selesai penyuluhan di desanya. Waktu maghrib kami sampai di rumah dek Dini, setelah sholat kami lanjut hangout ke Lembayung, tempat berkumpulnya anak Alap-alap, anak pendaki dan pecinta alam di Jogja.
Setelah drop off Ida kami diculik ke Watu Amben untuk sekedar ngopi dan quality time bareng.

Hari yang absurd menurutku, tapi terselamatkan oleh ‘whom i spent my time with’. See ya.!!

A walk to remember

Posko KKN UNY, Ringinharjo, Bantul
Berbackpacker at Air Terjun Jurang Pulosari, Bantul
Berbackpacker at Air Terjun Jurang Pulosari, Bantul
Berbackpacker at Air Terjun Jurang Pulosari, Bantul
Erick at Air Terjun Jurang Pulosari, Bantul
MeOMe at Air Terjun Jurang Pulosari, Bantul
MeOMe at Air Terjun Jurang Pulosari, Bantul
Nongkrong bareng cah Alap-Alap at Kedai Kopi Lembayung, Jogja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar