Sabtu, 30 November 2013

Temu Kangen Sahabat di Candi Sambisari

Kamis, 28.11.2013

Jam 9 pagi aku di sms sama Ida, suruh siap-siap. Tapi pagi itu hawanya mager banget, rasanya malas turun dari kasur, apalagi harus mandi. Beuuuhhhh,, ogah.!! Padahal dari semalem udah janjian jam 10 mau jalan sama Ida. Mau temu kangen, haha. Secara Ida itu salah satu temen deketku, deket bet, ngebolang ya sama Ida (berbackpacker team), curhat ya sama Ida, ngaji, musyawaroh, sampe jadi panitia acara2 remaja masjid juga Ida lagi Ida lagi, hahaha, udah kayak sodara pokoknya. Jadi, sekitar 2 bulan yang lalu Ida berangkat ke pondok, jadi santri dia disana, nah ini pas balik ke Jogja, yaudah deh, kangen2an maunya.

Akhirnya jam 11an juga baru keluar dari rumah, Ida yang nyamperin, hihi. Baru aja duduk dimotor udah bingung, mau kemana nih kita? Yaudah deh, sambil jalan sambil mikir, udah keluar dari gang juga belum dapet ide mau kemana, pas udah nyampe jalan Solo baru deh ide-ide bermunculan. Aku usul ke Kaliurang, tapi Ida pengen ke pantai, tapi liat jam udah hampir dhuhur juga, tanggung banget kalau mau ke pantai. Soalnya jam 3 Ida harus jemput bapaknya, lagipula jam 7.30 malam sama2 ada ngaji. Akhirnya nyampai di bawah jalan layang Janti, barulah dapat ide, "Ke candi aja yok, Candi Ijo, tapi aku lupa jalannya" kata Ida. edodo'e,, mau ke candi tapi lupa jalan, "Yaudah, Candi Sambisari aja, kan deket Kalasan situ" kataku. "Oke". Jadilah kami putar arah ke Candi Sambisari.

Di depan Pintu Masuk Candi
Dari jalan Solo terus ke timur, sampai sebelum Gapura Ksatrian Angkatan Udara, nanti di kiri jalan ada penunjuk jalan ke utara yang bertuliskan "Candi Sambisari", tapi saranku, mending ambil jalan ke utara yang setelahnya (lebih ketimur lagi), karena nanti kita tinggal lurus ke utara, sampai mentok. Dari jalan Solo sebenernya dekat, cuma karena kami naik motornya selow banget, ya jadi sekitar 15 menitan baru sampai. Lokasi tepatnya candi ini ada di Dusun Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Setelah parkir motor, kami langsung masuk ke areal candi, di depannya ada loket retribusi, harganya relatif murah kok. Rp. 2000,- untuk pengunjung dewasa. Setelah bayar, kami langsung jalan menuju salah satu tangga turun. Di Candi Sambisari ini terdapat 4 buah tangga untuk menuju area candi yang lebih rendah, letak keempat susunan anak tangga tersebut berada di 4 penjuru mata angin. Disekeliling area candi dipagari dengan tanaman perdu mirip perdu teh yang rapi, biasanya sih disebut tetean (teh-tehan). O iya, Candi Sambisari ini berada sekitar 6,5 meter lebih rendah dari pada area disekitarnya, makanya diperlukan tangga untuk mendekat ke bangunan candinya. Candi ini terdiri dari 1 bangunan utama, 3 bangunan candi pendamping dan 8 lingga patok yang ada disetiap penjuru mata angin. Di salah satu sisinya ada tulisan "Candi Sambisari" yang terbuat dari tanaman perdu yang dipangkas sesuai bentuk huruf. Cantik.!! Di sisi lain ada rumput yang ditumbuhi ilalang2, walaupun ukurannya kecil dan masih tergolong rendah, tapi warna putihnya keliatan kontras banget sama padang rumput yang terhampar manis menghijau. Cantik juga.!! Nah, kalau cerita sejarah penemuan candi yang katanya perlu waktu 21 tahun untuk penggalian dan membuat candi ini layak untuk dilihat. Lebih lengkap sejarahnya silahkan googling sendiri yak,, hoho.

Papan di Loket Masuk
Ada cerita lucu nih waktu di loket retribusi itu. Aku sama Ida lagi ribet nyimpen jaket, ngeluarin kamera sambil terus ngoceh sahut2an, yaaa maklum lah, namanya aja kangen, jadi ya curcol2an gitu. Pas itu aku lagi ngomongin masalah karir, antara keinginan orangtua, keinginan anak, dan keadaan sekarang. Kebetulan penjaga loketnya bapak berusia kiranya paruh baya gitulah, bapak itu rupanya nyimak obrolanku sama Ida yang galau dan rada bingung dengan kemauan ortu. Tiba-tiba bapak itu nimbrung "Ya diselesaikan dulu kuliahnya mbak, baru nanti kerja", aku sama Ida liat2an terus ngejawab hampir bebarengan "Wah, sudah lulus, pak", sejenak terjadilah perbincangan singkat, gini nih:
Bapak Penjaga Loket (BPL): "Ya syukur kalau sudha selesai, berarti cari kerja dulu"
Aku & Ida: "Iya pak"
Aku: "Baru nyari2 pak, masih bingung, hehe"
BPL: "Kerja dulu, dinikmati dulu barang satu atau dua tahun, setelah itu baru memikirkan nikah. Kalau nuruti orangtua ya maunya mesti cepet-cepet"
Aku & Ida: "Iya pak"
BPL: "Yaa, kalaupun menikmati kerja sampai lima tahun juga gapapa kok mbak, jaman sekarang tu ya wajar kalau cewek punya posisi"
Aku & Ida: "Iya ya pak ya"
Aku: "Yasudah, kami kebawah dulu ya pak, makasih pak"
Ida: "Mari pak"
BPL: "Iya, monggo2 mbak"

Hemm,, baik sekali bapak itu, jadi ngerasa ada tulisan "kapan lo kerja, kapan lo nikah" di muka ku sama Ida, gimana engga, tu bapak2 yang cuma denger sepintas aja bisa ngomong gitu. Hadeeeehhhh.

Ida ga mau kalah tinggi dari aku
Anyway, aku langsung asik foto2 sama Ida, sambil cerita2, narsis2an gak jelas, intinya ngelepas kangen. Dari yang berdiri nempel2 di candi, duduk2 dihamparan rumput, bahkan sampai guling2 di ilalangpun dijabanin,, haha. Berasa orang lupa umur gitu. Tapi kita masih pantes jadi mahasiswa kok Da, tenang aja. :D Alhamdulillah yah, hari ini langit cerah banget, birunya ciamik abis, jadi semakin menikmati suasana nih. Padahal panasnyaaaaa,, ampun dah. Lagi2 satu hal yang bikin aku sama Ida ga pernah rewel kalo kepanasan, kita itu sadar diri kalo bolang, tukang main n tukang jalan, jadi saat kulit menghitam karena matahari, itu namanya seksi. Hahahaha.

I n Ida, Duaaaaaa :D

Pas mau naik ke candi liat ada capung yang hinggap, difoto. Pas lai mau tidur2an di ilalang liat kupu2 lagi kawin, difoto. Pas mau pose di ilalang liat ada ulet,
difoto, trus kabur, hahaha.

I
Ida
Duduk cantik dengan santainya
Ga tau kalo ternyata banyak ulet -___-

Eh iya, pas kami mau pulang, tiba2 ada anak kecil manggil2 "Mbak, mbaaaakkk", aku sama Ida noleh, apa yang aku lihat coba? Nih

Mbak, ini.!! -___-

Sampai sekitar jam setangahdua kami main dipanas2an gitu, saking udah keringetannya, malahan air minum ditasku jadi ikutan anget. Sekitar jam setengahdua lebih kami cabut dari candi trus langsung pulang kerumah. Soalnya Ida udah ditunggu.

Dan lagi aku syukuri hari ini, aku nikmati siang ini. Aku berbagi waktu dengan sahabatku, berbagi cerita dan berbagi suka.Karena, bahagia itu sederhana :')

Ini nah yang mau lihat foto yang ga ada manusia ababilnya,, haha.

Areal Candi Sambisari
Bangunan Candi Utama
Langit Siang Itu 28.11.13 13.47 WIB


PS. Foto2 ini ga sempet aku edit sedikitpun. Soalnya monitorku baru rusak kalibrasinya, jadi liat warna semuanya ancuuurrrr :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar